Semarapura  (Antara Bali) - Festival Nusa Penida (FNP) yang dipusatkan di Pulau Nusa Lembongan, sebuah pulau yang terpisah dengan daratan Bali itu mampu menarik kunjungan sekitar 5.000 wisatawan dalam dan luar negeri menyaksikan kegiatan tersebut.

"Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari, 2-4 Oktober 2015 dimeriahkan dengan berbagai atraksi melibatkan masyarakat setempat dan wisatawan," kata Bupati Klungkung, Nyoman Suwirta, Selasa.

Ia mengatakan, kegiatan yang akan digelar secara berkesinambungan diharapkan mampu memberikan nilai tambah bagi masyarakat di Nusa Lembongan, Jungutbatu, Nusa Penida dan Kabupaten Klungkung.

"FNP diharapkan ke depan bisa memberi jawaban untuk meningkatkan kunjungan pelancong mencapai target satu juta orang setiap tahun dalam lima tahun mendatang," ujar Bupati Nyoman Suwirta.

Peningkatan kunjungan wisatawan itu diharapkan memberikan dampak positif terhadap pendapatan asli daerah (PAD) dan memperbaiki tingkat kesejahteraan masyarakat di pulau terpencil itu.

"Kami mulai sekarang melakukan koordinasi antar-kabupaten/kota dan pelaku pariwisata, sehingga data kunjungan ke Nusa Penida akurat," ujar Bupati Nyoman Suwirta.

Bupati asal Nusa Ceningan Pulau Nusa Penida itu mengharapkan pelaku pariwisata dapat menciptakan persaingan yang sehat dan bersama masyarakat menjaga kebersihan lingkungan sehingga mampu membuat wisatawan merasa nyaman dan aman.

Menurut Panitia Festival Nusa Penida Nyoman Widana, kegiatan promosi pariwisata itu berhasil menyedot kedatangan sekitar 5.000 wisatawan lokal, nusantara dan mancanegara berkunjung ke Nusa Penida.

Promosi tersebut melibatkan sekitar 3.000 seniman dan 28 usaha kecil menengah untuk memamerkan berbagai jenis cinderamata.

Selama festival berlangsung menampilkan berbagai kegiatan antara lain tari rejang massal yang melibatkan 1000 penari wanita mulai dari murid sekolah dasar, SMP, SMA hingga ibu-ibu anggota PKK.

Pewarta:

Editor : Adi Purnama Putra


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015