Denpasar (Antara Bali) - Sebanyak 783 mahasiswa Universitas Hindu Indonesia (Unhi) Denpasar Bali mengikuti ritual "Upanayana",  penyucian diri sebelum mengikuti proses perkuliahan di kampus setempat.

"Upanayana merupakan tradisi wajib yang mesti dilakukan mahasiswa kami sebelum menenempuh pendidikan  empat tahun kedepan," kata Wakil Rektor III Unhi, Dr Ir E Dewi Yuliana MSi di Denpasar, Selasa.

Ia menjelaskan, upacara upanayana atau juga disebut dengan ritual "pewintenan" juga bertujuan menyucikan secara spritual (niskala) para mahasiswa baru angkatan 2015/2016.

"Setelah ritual diharapkan para mahasiswa mampu menangkap intisari dari pembelajaran yang disampaikan para pendidikan kami di Unhi," kata dia.

Ia menambahkan, ritual dilakukan juga sebagai sarana memohon berkah dan karunia  Tuhan Yang Maha Esa sehingga proses perkuliahan di Universitas Hindu pertama di Indonesia itu dapat berjalan dengan lancar.

Lebih lanjut, Dewi Yuliana menambahkan, Unhi masih membuka pendaftaran gelombang ketiga mahasiswa baru untuk memenuhi 800 kuota mahasiswa baru di tahun ini.

"Pembukaan gelombang ketiga bertujuan memenuhi kuota yang ada sehingga bagi para lulusan/perseorangan yang ingin melanjutkan pendidikan sarjana sampai Doktor, kami harapkan segera mendaftarkan diri," kata dia.

Unhi Denpasar, saat ini memiliki delapan fakultas yakni Fakultas Ilmu Agama dan Kebudayaan, Fakultas Agama dan Seni, Fakultas Ekonomi, Fakultas Matematika dan IPA, Fakultas Kesehatan Ajur Weda, Fakultas Teknik, Program Magister (S2) dan, Program Doktor (S3). (KUN/WDY)

Pewarta: Pewarta: I Made Bagus Andi Purnomo

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015