Denpasar (Antara Bali) - Keberangkatan pesawat dari Bandara internasional Ngurah Rai, Bali ke berbagai kota besar di mancanegara menurun 0,80 persen dari 2.130 unit pada Mei 2015 menjadi 2.113 unit pada Juni 2015.

"Sedangkan penumpang yang diangkut pada periode yang sama mengalami kenaikan sebesar 6,82 persen dari 346.605 orang pada bulan Mei 2015 menjadi 370.231 orang pada bulan Juni 2015," kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bali Panusunan Siregar di Denpasar, Sabtu.

Ia mengatakan, sedangkan jumlah bagasi dan barang angkutan internasional mengalami kenaikan sebesar 2,87 persen dari 5.575 ton menjadi 5.736 ton.

Bandar Udara Internasional Gusti Ngurah Rai, Bali, menduduki peringkat ketiga sebagai bandara dengan pelayanan terbaik di dunia melalui penilaian oleh Dewan Bandara Internasional (ACI), dalam beberapa bulan belakangan ini memberlakukan "tutup-buka" akibat sebaran abu vulkanik Gunung Raung di Jawa Timur yang mengganggu jalur penerbangan.

General Manajer PT Angkasa Pura I Bandar Udara Internasional Ngurah Rai, Bali, Trikora Harjo dalam kesempatan terpisah menjelaskan, meskipun demikian pihaknya optimis mampu memberikan pelayanan kepada para penumpang untuk meningkatkan dan menjaga citra bangsa Indonesia, mengingat bandara itu menjadi salah satu pintu masuk pariwisata dunia.

Pihak pengelola berupaya meningkatkan pelayanan untuk memberikan kenyamanan dan nama baik Bali dan Indonesia pada umumnya.

Menurut dia, ada tiga hal yang selama ini dilakukan guna mewujudkan cita-cita tersebut yakni pelayanan, keamanan dan kenyamanan bagi penumpang baik domestik maupun internasional.

Bandara Ngurah Rai sebelumnya berada pada peringkat ketujuh sehingga kini mengalami perbaikan peringkat. Peringkat terbaru itu diduduki Bandara Ngurah Rai untuk kategori jumlah penumpang 15 juta hingga 25 juta orang per tahun.

Pada kategori bandara dengan 15 juta hingga 25 juta penumpang per tahun, ACI melakukan penilaian terhadap 30 bandara di dunia.

Panasunan Siregar menjelaskan, pesawat yang berangkat tujuan ke luar negeri itu selain mengangkut wisatawan seusai berliburan di Bali juga mengangkut bagasi dan barang angkutan udara internasional.

Bali sebagai daerah tujuan wisata di Indonesia selama bulan Juni 2015 menerima kunjungan wisatawan mancanegara sebanyak 359.702 orang, naik 8,87 persen dibanding dengan bulan yang sama tahun sebelumnya, atau bertambah 21,53 persen dibanding bulan Mei 2015. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Ketut Sutika

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015