Denpasar (Antara Bali) - Bali berupaya berjuang habis-habisan di cabang olahraga pencak silat dengan mengirim sedikitnya 24 dari 27 atlet yang dipersiapkan untuk bisa maju ke Pekan Olahraga Nasional (PON) Riau 2012.

"Kami mempersiapkan sekitar 27 pesilat muda untuk PON Riau, kalau bisa semuanya dapat bertarung di arena PON nanti,"  kata Sekretaris Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Bali, Yamadiputra di Denpasar Sabtu.

Pesilat Bali aman maju ke PON Riau 2012, walau ada pembatasan usia atlet sesuai SK KONI Pusat dengan Surat Keputusan nomor 73 tahun 2010, di mana dalam ketentuan itu usia atlet yang bisa bertanding antara 17-35 tahun.

Atlet Silat menjadi pusat perhatian karena cabang olahraga ini salah satu andalan Bali dalam meraih medali emas di perhelatan nasional seperti PON 2012 Riau, disamping cabang olahraga perorangan lainnya.

Pengurus sebelumnya sudah memperhitungkan terhadap usia atlet yang akan diturunkan nanti, oleh sebab itu adanya pembatasan usia atlet PON tidak masalah bagi Bali, kata Yama yang sudah dua kali ke Riau.

Ia yang juga sebagai pengurus KONI Bali sempat ke Riau untuk meninjau persiapan daerah itu sebagai tuan rumah PON 2012, baikj dalam penyediaan tempat bertanding bagi atlet, pemondokan maupun fasilitas lainnya.

Yama mewngatakan, atlet silat Bali berupaya bisa meraih prestasi terbaiknya dengan menunjukkan permainan yang cantik baik dari segi seni pencak silat maupun dalam pertarungan untuk bisa meraih kemenangan.

Pesilat Bali selalu menjadi perhitungan lawan-lawannya, karena seni bela diri ini juga semakin berkembang di Nusantara, oleh sebab itulah pesilat Bali digenjot berlatih keras untuk tetap bisa unggul dari daerah lainnya.

Untuk meningkatkan prestasi pesilat Bali dalam PON nanti, banyak atlet usia muda digembleng dan mereka sebelum turun akan diasah dalam pertandingan pada Pekan Olahraga Provinsi Bali, kejuaraan nasional dan sebagainya.

"Saya harap pesilat Bali tidak mengecewakan di arena empat tahunan tingkat nasional, maupun maju mewakili Indonesia di kejuaraan dunia," kata Yama mantan pesilat yang pernah meraih prestasi di tingkat internasional.

Atlet Silat masih menjadi handalan Bali pada PON 2012 Riau nanti bersama cabang olahraga lainnya seperti layar, Kempo, Karate, Golf, untuk memperbaiki peringkat Bali di pertandingan olahraga akbar tersebut.(*)

Pewarta:

Editor : Masuki


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2010