Denpasar (Antara Bali) - Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat mendukung Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) meningkatkan kerja sama dengan media cetak maupun elektronik dalam memberikan informasi bencana kepada masyarakat.

"Upaya tersebut dilakukan, jika terdapat bencana, BMKG dan BPBD langsung berkoordinasi dengan media untuk menginformasikan kepada masyarakat," kata Pengurus PMI Pusat Bidang Penanggulangan Bencana, Letjen (Purn) H. Sumarsono, di Denpasar, Jumat.

Dengan adanya kerja sama tersebut, masyarakat lebih mendapat informasi dari media elektronik, sehingga tidak menimbulkan kepanikan dan perlu adanya hubungan secara berkelanjutan.

Untuk itu, pihaknya mengharapkan BMKG dan BPBD secara berkesinambungan terus berkoordinasi dalam bidang publikasi, jika ada bencana alam seperti gempa bumi atau tsunami.

Ia mencontohkan seperti kejadian tsunami di Aceh Tahun 2014, lanjut dia, mengisyaratkan bahwa letak geografis Indonesia berada di kawasan bencana sehingga pihaknya mengajak masyarakat agar bergandengan tangan dalam melakukan penanggulangan tersebut.

"Oleh sebab itu, peran media dalam menginformasikan kepada masyarakat sangat penting," ujarnya.(SRW)

Pewarta: Oleh I Made Surya

Editor : I Made Surya


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015