Denpasar (Antara Bali) - Komisi Pemilihan Umum Provinsi Bali mengingatkan KPU kabupaten/kota di daerah itu yang akan menjadi penyelenggara pilkada tahun ini agar melakukan proses penyiapan data pemilih dengan cermat.

"Salah satu kunci sukses pemilu itu adalah akuratnya data pemilih. Oleh karena itu, kami berharap proses penyiapan data pemilih dilakukan secara sungguh-sungguh dan cermat," kata Ketua KPU Provinsi Bali Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi di Denpasar, Minggu.

Ia mengemukakan, tahapan pilkada terkait dengan data pemilih akan dimulai pada awal Juni 2015. Untuk meminimalisasi adanya data pemilih ganda maupun yang sudah meninggal, KPU Pusat juga sudah membuat kebijakan baru yakni dengan tidak langsung mendistribusikan DP4 begitu saja, tetapi dilakukan analisa terlebih dahulu.

Nantinya setelah di daerah, ucap dia, KPU kabupaten/kota yang akan melakukan pemilahan-pemilahan, ada juga proses pencocokan dan penelitian oleh Petugas Pemuktahiran Data Pemilih, rekapitulasi daftar pemilih sementara hingga akhirnya penetapan daftar pemilih.

"Kami harapkan semua proses terkait daftar pemilih ini dilakukan dengan baik, untuk menjamin pemilu yang berkualitas dan berintegritas," ujarnya.

Pihaknya juga ingin memastikan setiap warga negara yang berhak memilih terlindungi hak konstitusinya serta bisa menggunakan hak pilihnya pada hari H pilkada saat 9 Desember 2015.

Di sisi lain, Raka Sandi melihat masih terjadinya permasalahan daftar pemilih ganda maupun tercecer pada pemilu-pemilu sebelumnya disebabkan karena tingginya mobilitas penduduk, apalagi di daerah urban seperti Kota Denpasar dan Kabupaten Badung.

"Misalnya pemilih sudah didatangi petugas untuk coklit dan dipasangi stiker bahwa memang benar ada di sana. Tetapi karena alasan pekerjaan bisa saja pemilih itu pindah domisili," ucapnya.

Oleh karena itu, dia pun sangat mengharapkan kesadaran dan partisipasi masyarakat. Jikapun tempat tinggalnya dinamis saat pemuktahiran data pemilih, diharapkan bisa mengkomunikasikan dengan petugas.

Pilkada serentak di Bali akan dilaksanakan di enam kabupaten/kota yakni di Kabupaten Badung, Tabanan, Bangli, Karangasem, Jembrana dan Kota Denpasar. (WDY)

Pewarta: Oleh Ni Luh Rhismawati

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015