Denpasar ( Antara Bali) – Ketua Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Teknik Komputer (Stikom) Bali, DR Dadang Hermawan,  memimpin  kegiatan geladi kotor calon wisudawan/wisudawati  dipusatkan di kampus perguruan tinggi tersebut Jalan Raya Puputan Renon No.86 Denpasar.

Geladi  berlangsung  Selasa (19/5) mulai pukul 08.00 hingga 15.00,  diikuti 305 orang dari tiga jurusan yaitu Sistem Komputer 198 orang dengan rincian 171 orang laki-laki dan  27 orang perempuan.

Selanjutnya jurusan Sistem Informasi 94 orang terdiri dari 51 orang laki-laki dan  43 orang perempuan dan Jurusan Manajemen Informatika 13 orang   yaitu 9 orang laki-laki dan 4 orang perempuan.

Pada kesempatan tersebut,  seorang motivator Prof I Nengah Dasi Astawa memberikan pencerahan kepada seluruh wisudawan agar setelah resmi  diwisuda pada 23 Mei 2015 bisa hidup mandiri  dengan merebut atau menciptakan peluang kerja, tidak lagi menggantungkan kebutuhan hidup kepada orang tua.

"Implementasikan ilmu yang telah didapat di bangku kuliah  di tengah masyarakat untuk kehidupan lebih baik, karena para lulusan STIKOM Bali beruntung sudah memiliki keahlian di bidang komputer yang banyak di cari oleh berbagai perusahaan," ujarnya.

Prof Dasi meminta para calon lulusan STIKOM  memiliki komitmen sekaligus strategi  untuk hidup mandiri  dengan menerapkan  Triple's T yaitu Transfer  Ilmu Pengetahuan,  Transfer Informasi dan Transfer Technology.

Menurut dia, para calon wisudawan harus mampu mengembangkan diri melalui ilmu yang sudah didapatkan dan secara cepat  memahami apa yang harus dilakukan dan peka terhadap perubahan dalam masyarakat.

Modal utama yang  harus miliki jika ingin  menjadi pengusaha adalah kemauan, kemampuan dan keberanian serta bersemangat. Selanjutnya memiliki strategi unggul  yaitu fokus, inovatif, kreatif, produktif, efectif, fleksibel, komitmen, biaya murah (low Cost) dan jaringan kerja (network).

Kesiapan dari calon wisudawan untuk mencari pekerjaan sudah matang ada yang sudah mencari pekerjaan dan ada juga yang baru mulai mencari lowongan pekerjaan seperti di media massa, akan tetapi kebanyakan calon wisudawan sudah banyak yang bekerja sambil kuliah  sebagai langkah nyata pengembangan karirnya. (WDY)

Pewarta: Oleh I Gusti Nyoman Adi Purnama Putra

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015