Denpasar (Antara Bali) - Komando Daerah Militer IX/Udayana mengundang wisatawan mancanegara untuk ikut merayakan hari ulang tahun instansi itu ke-58 yang digelar di Lapangan Renon Denpasar, Rabu (27/5).

"Kami mengharapkan kehadiran mereka pada saat HUT Kodam Udayana sehingga antara TNI/Polri dan masyarakat menyatu sehingga menandakan bahwa Bali aman dan damai dan saat mereka pulang bisa memiliki kisah agar bisa datang ke Bali lagi," kata Kepala Staf Angkatan Darat Kodam IX/Udayana, Brigadir Jenderal TNI Hadi Kusnan saat menggelar pertemuan dengan sejumlah media di Markas Kodam IX/Udayana di Denpasar, Kamis.

Menurut dia, pihaknya telah mengundang secara terbuka, baik melalui biro perjalanan wisata atau menginformasikan langsung kepada wisatawan mancanegara yang tengah berlibur di Pulau Dewata untuk ikut meramaikan HUT Kodam Udayana.

Tak hanya itu, pihaknya juga mengundang perwakilan konsulat negara-negara lain yang ada di Denpasar dan untuk ikut juga menyosialisasikan perayaan hari jadi kodam tersebut.

Kodam Udayana berencana menggelar pesta rakyat dengan membagikan 16 ribu nasi jinggo, makanan khas Pulau Dewata yang dibungkus dengan daun pisang yang akan dibagikan saat perayaan HUT 27 Mei 2015.

Puncak HUT Kodam Udayana akan diwarnai dengan seni budaya dan pesta rakyat yang diawali dengan upacata militer.

Kesenian tari kolosal dengan tema Kejayaan Nusantara yang mengetengahkan kejayaan Nusantara akan disajikan dalam perayaan itu dan dilanjutkan dengan cita-cita pemuda Indonesia di dalam menjaga kesatuan NKRI.

Tak hanya seni budaya dari Bali, perpaduan budaya dari Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur yang merupakan dua provinsi yang berada di bawah komando Kodam Udayana, akan mewarnai perayaan HUT yang digelar di Lapangan Puputan Niti Mandala Renon Denpasar itu.

Sejumlah seniman kenamaan akan dihadirkan dalam puncak peringatan ke-58 Kodam Udayana, di antaranya pematung kenamaan Bali yakni Made Ada dan koreografer, Made Suda yang juga dilibatkan untuk menyukseskan puncak HUT kodam itu.

Artis Ibu Kota juga akan memeriahkan puncak ulang tahun kodam diantaranya Pasha Ungu, pelawak Tarzan dan seniman lainnya.

"Puncak acara juga akan dimeriahkan dengan atraksi terjun payung prajurit dengan membawa bendera Merah Putih, bendera TNI-AD, bendera dari Bali, NTB dan NTT," imbuhnya. (DWA)

Pewarta: oleh Dewa Wiguna

Editor : Dewa Sudiarta Wiguna


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015