Tabanan (Antara Bali) - Sebanyak 104.798 orang wisatawan dari berbagai negara mengunjungi derah tujuan wisata (DTW) Tanah Lot, Desa Beraban, Tabanan, Bali, pada April 2015 karena memiliki daya tarik dan panorama yang sangat indah.

"Dibandingkan tahun sebelumnya pada periode kunjungan wisatawan mancanegara mencapai 98.411 orang atau terjadi peningkatan sebesar sembilan persen," kata Manajer Operasional DTW Tanah Lot I Ketut Toya Adnyana di Tabanan, Sabtu.

Ia mengakui dari total jumlah kunjungan wisatawan mancenegara pada April 2015 rata-rata masih didominasi oleh negara Tiongkok dan Australia yang sangan gemar menikmati destinasi wisata di Tanah Lot itu.

Ketut Toya mengatakan adanya peningkatan kunjungan wisatawan tersebut didukung seluruh komponen masyarakat baik itu peran serta pemandu wisata dan pelaku pariwisata di Pulau Dewata yang turut ikut mempromosikan keindahan objek wisata Tanah Lot.

Pihaknya menjelaskan pada Januari 2015, total keseluruhan kunjungan wisatawan mancanegara itu mencapai 93.336 orang. Kemudian, sebanyak 140.145 orang (Februari), 98.640 orang (Maret).

"Dari data itu dibandingkan bulan sebelumnya pada April sekarang justru mengalami peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara secara signifikan," ujarnya.

Untuk memberikan rasa kenyamanan kepada para wisatawan, lanjut dia secara berkesinambungan terus melakukan pembenahan infrastruktur di objek wisata seperti peremajaan fasilitas untuk pejalan kaki (trotoar).

Sedangkan, untuk menjaga keamanan para pengunjung yang menikmati objek wisata itu tersebut, kata dia, pihaknya juga melibatkan puluhan pecalang, satpam dan enam personil "lifeguard".

"Upaya tersebut diharapkan dapat terus menambah kunjungan wisatawan mancanegara ke Tanah Lot sehingga pengunjung terpuaskan saat menikmati panorama keindahan `sunset` di tempat ini," ujarnya. (WDY)

Pewarta: Oleh I Made Surya

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015