Denpasar (Antara Bali) - TNI mengharapkan para generasi muda bersinergi membantu pemerintah dalam menghadapi ancaman global termasuk ancaman ketahanan pangan melalui "serbuan teritorial".

Panglima Komando Daerah Militer IX/Udayana Mayor Jenderal TNI Torry Djohar Banguntoro di Denpasar, Sabtu, menjelaskan bahwa sinergitas yang diwujudkan dengan serbuan teritorial itu berupa bantuan fisik dan nonfisik.

"Kegiatan serbuan teritorial tidak hanya berupa TNI Manunggal Membangun Desa, peningkatan swasembada pangan, karya bhakti, bhakti TNI atau kegiatan fisik lainnya, melainkan juga dalam bentuk nonfisik seperti membangun mental dan spiritual rakyat, pelatihan bela negara, peningkatan karakter kebangsaan dan rasa nasionalisme," katanya usai membuka pembekalan kepada Keluarga Besar Forum Komunikasi Putra-Putri Purnawirawan Indonesia (FKPPI) XIV Bali.

Jenderal bintang dua itu menjelaskan bahwa khusus untuk di wilayah teritorial Kodam IX/Udayana pada 8 Januari 2015 telah ditandatangani Pakta Integritas antara Pangdam IX/Udayana dengan masing-masing Kepala Dinas Pertanian di Provinsi Bali, NTB, dan NTT yang disaksikan oleh Menteri Pertanian dan Kepala Staf TNI Angkatan Darat sebagai bentuk partisipasi TNI membantu ketahanan pangan.

"Serbuan teritorial tidak hanya dijadikan sebagai wahana untuk membantu mengatasi kesulitan rakyat, tetapi harus dijadikan sebagai sarana untuk menenangkan dan memenangkan hati dan pikiran rakyat melalui kegiatan non-fisik itu," imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Umum FKPPI Pusat, Han Silalahi, mengajak setiap generasi muda khususnya dalam forum komunikasi itu untuk tetap solid dan kuat membantu TNI dalam mewujudkan serbuan teritorial tersebut.

"Kami ajak segenap anggota FKPPI jangan sampai tidur, mari kita pegang teguh semboyan yang ada, `Solid, Kuat dan Militan`," katanya.

Dalam kesempatan itu, FKPPI Bali memberikan sumbangan berupa enam unit sepeda motor yang diharapkan membantu tugas-tugas terutama di bidang teritorial.

Sekitar 350 orang anggota FKPPI yang berasal dari seluruh kabupaten/kota di Provinsi Bali menghadiri pertemuan itu selain Kepala Staf Angkatan Darat Kodam IX/Udayana Brigjen TNI Hadi Kusnan, Irdam IX/Udayana, Danrem 163/Wira Satya, dan pihak internal Kodam IX/Udayana lainnya. (WDY)

Pewarta: Oleh Dewa Wiguna

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015