Denpasar (Antara Bali) - Peluncuran tahap persiapan pilkada serentak untuk enam kabupaten/kota di Bali ditandai dengan acara sembahyang bersama jajaran penyelenggara dan pengawas pemilu provinsi yang dipusatkan di Pura Dalem Sakenan, Denpasar, Rabu.

"Lewat sembahyang bersama ini, kami ingin memulai tahapan pilkada dengan menyucikan perkataan, perbuatan dan pikiran sehingga segala tahapan nantinya dapat berjalan dengan baik," kata Ketua KPU Provinsi Bali Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi di sela-sela acara peluncuran tersebut.

Menurut dia, dipilihnya Pura Dalem Sakenan untuk acara peluncuran tersebut karena umat Hindu dari manapun dapat bersembahyang di pura itu.

"Selain itu, pura ini juga mudah diakses karena berada di Kota Denpasar," ujarnya.

Raka Sandi menambahkan lewat persiapan pilkada dengan acara sembahyang bersama itu merupakan bentuk persiapan dari sisi rohaniah (niskala) sedangkan wujud nyatanya (sekala) lewat rapat-rapat koordinasi dengan instansi terkait.

"Yang jelas, hingga peluncuran ini, Bali siap untuk menggelar pilkada baik dari sisi anggaran hingga penyelenggaraan tahapan," katanya.

Ia tidak menampik sebelumnya memang ada permasalahan kesiapan anggaran di Kabupaten Jembrana, namun syukurlah hal itu sudah terpecahkan.

"Kami sangat mengapresiasi jajaran pemerintah kabupaten setempat yang sudah sepakat terkait penyiapan anggaran pilkada itu," ucapnya.

Di sisi lain, Raka Sandi mengatakan saat ini termasuk tahap persiapan pilkada dan dapat dilakukan rekrutmen terhadap panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan panitia pemungutan suara (PPS).

Dalam acara peluncuran tersebut tampak dihadiri dari unsur KPU dan Bawaslu Provinsi Bali, KPU dan Panwaslu dari enam kabupaten dan kota yang akan menggelar pilkada (Badung, Tabanan, Jembrana, Bangli, Karangasem dan Kota Denpasar), perwakilan Polda Bali dan sebagainya. (WDY)

Pewarta: Oleh Ni Luh Rhismawati

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015