Denpasar (Antara Bali) - Bentara Budaya Bali (BBB), lembaga kebudayaan nirlaba Kompas-Gramedia di Ketewel, Kabupaten Gianyar kembali menggelar dialog dan pembacaan karya sastra menampilkan penyair Tamil, Srilanka, Rudramoorthy Cheran.

"Kegiatan tersebut akan dihadiri seniman, budayawan dan sastrawan Bali akan berlangsung Kamis petang (16/4)," kata Penata Program BBB Juwitta K. Lasut di Denpasar, Rabu.

Ia mengatakan, Rudramoorthy Cheran adalah penyair, penulis naskah drama, wartawan, aktivis yang pernah meraih berbagai penghargaan internasional.

Cheran kini berkesempatan berkunjung di Indonesia sekaligus sebentuk lawatan budaya. Selain melakukan dialog dan pembacaan karya di Bali, Cheran juga singgah ke Aceh dan Jakarta.

Rudramoorthy Cheran adalah salah seorang penyair Tamil paling penting saat ini yang masih menulis dalam bahasa Tamil. Ia dilahirkan di Srilanka, namun kini tinggal di Kanada, yang sehari-harinya bekerja sebagai "Associate Professor, Department of Sociology, Anthropology and Criminology University of Windsor, Ontario, Kanada.

Penghargaan yang pernah diterimanya, antara lain penghargaan untuk Kebebasan Menulis dari PEN Internasional, Inggris (2013), penghargaan internasional buku puisi terbaik dari Pusat Studi Asia Selatan, University of Toronto, dan Tamil Sastra Garden, Toronto (2007).

Buku yang pernah diterbitkannya bidang budaya, puisi, dan karya kreatif non fiksi (dalam bahasa Inggris) antara lain adalah Cheran: Saat Pembakaran, sajak-sajak pilihan, diterjemahkan oleh Lakshmi Holmstrom, UK: Arc Penerbit, 2013 ; Engkau Tak Bisa Berpaling, ujar Juwitta K. Lasut.  (WDY)

Pewarta: Oleh I Ketut Sutika

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015