Denpasar (Antara Bali) - Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia (UDD PMI) Bali mengajak masyarakat Kota Denpasar untuk berperan aktif mendonorkan darahnya yang berlangsung di Lapangan Puputan Badung, untuk memenuhi ketersediaan darah bagi yang membutuhkan.

"Kami menggelar kegiatan donor darah saat ini untuk menyasar masyarakat agar berperan aktif berdonor darah," kata Direktur UDD PMI Bali, dr AA Sagungmas Dwipayani, M.Kes, di Denpasar.

Ia menuturkan bahwa dalam rangka memperingati hari ulang tahun ke-41 UDD PMI Bali itu mengakui kegiatan tersebut untuk mempromosikan pentingnya berdonor darah secara rutin. Upaya tersebut sebagai langkah untuk menggugah kesadaran masyarakat betapa pentingnya menjadi pendonor sukarela secara rutin demi menyelamatkan nyawa orang lain.

Ia menjelaskan, UDD PMI Bali secara rutin akan menyasar ruang publik setiap minggu terutama di Bajra Sandi Renon, Denpasar, yang dilaksanakan setiap Sabtu, Pukul 16.00.

"Sedangkan untuk di Lapangan Puputan akan dilaksanakan setiap Jumat, Pukul 16.00 Wita, di depan Museum Bali," ujarnya.
Untuk mobil operasional donor darah, kata dia, secara rutin mengunjungi masyarakat di kedua ruang publik tersebut sehingga masyarakat yang berminat untuk mendonorkan darahnya bisa langsung datang ke lokasi.

Ia mengharapkan masyarakat juga berperan aktif dalam menjaga stabilitas jumlah persediaan darah di PMI. "Apalagi stok untuk beberapa jenis golongan darah langkah seperti AB, A, dan golongan B seringkali habis sehingga menyulitkan pasien atau keluarga pasien saat sakit," katanya. Untuk jenis golongan darah O yang paling mudah didapatkan karena populasinya terbilang banyak. "Untuk itu, harapan besar kepada masyarakat agar tergerak untuk mendonorkan darahnya secara rutin," ujarnya. (WDY)

Pewarta: Oleh I Made Surya

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015