Denpasar (Antara Bali) - Kegiatan ritual penyucian Pataka Korps Menwa Ugracena Bali mengawali pelantikan pengurus daerah organisasi masyarakat (Ormas) tersebut periode 2015-2019 di Momumen Perjuangan Bangsal (MPB) Pertigaan Gaji, Dalung Kabupaten Badung, Sabtu.

Ritual "pasupati" penyucian pataka tersebut dipimpin Ida Rsi Siddhi Citta Sideman dan Ida Rsi Agung Wayabya Suprabu Sogata Karang dihadiri panitia dan segenap pengurus Menwa Ugracena Bali.

Rangkaian ritual tersebut sebelumnya melaksanakan "matur piuning" dan "mendak tirta" (air suci) ke Penataran Agung Pura Besakih, sekaligus memohon kelancaran dan kesuksesan kegiatan tersebut, kata Dharma Putra, Ketua Tim Mandat yang juga staf ahli Korps Menwa Indonesia Provinsi Bali.

Seusai kegiatan ritual itu dilanjutkan dengan pelantikan kepengurusan daerah Korps Menwa Ugracena Bali periode 2015-2019 yang diketuai Bagus Ngurah Rai, SH oleh Ketua Umum Pengurus Pusat Korps Menwa Indonesia Ir Budiono Kartohadiprodjo.

"Budiono Kartohadiprodjo pada kesempatan itu sekaligus akan menyematkan lencana 50 tahun Menwa Ugracena Bali kepada Pangdam IX Udayana Mayjen TNI Torry Johar Banguntoro sekaligus menyematkan baret kehormatan sebagai anggota kehormatan Korps Menwa Ugracena Bali," ujar Dharma Putra.

Pelantikan organisasi tersebut secara hukum diperkuat dengan terbitnya akta pendirian Notaris Fauzi Agus No,26 tertanggal 29 Januari 2010 dan telah didaftarkan ke Kementerian Dalam Negeri. Korps Menwa merupakan wadah yang berbasis kampus, namun sebagian besar kegiatannya di luar kampus seperti perlindungan masyarakat (Linmas), tanggap bencana, kajian pertahanan dan kegiatan sosial lainnya.  (WDY)

Pewarta: Oleh I Ketut Sutika

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015