Gianyar (Antara Bali) - Seorang petugas pemadam kebakaran asal Australia, Simon Delande (31), Rabu, mengunjungi kantor pemadam kebakaran Kabupaten Gianyar, Bali.

"Selain berlibur ke  Bali, saya memang sengaja melihat keberadaan petugas dan sarana pemadam kebakaran di Pulau Dewata," katanya petugas pemadam kebakaran dari 'Kesatuan New South Wales Fire Brigands' Australia itu.

Menurut Simon yang sudah 17 tahun menjadi petugas pemadam kebakaran itu, tenaga, sarana mobil, dan alat pendukung di Gianyar cukup baik.

"Namun, alangkah baiknya dilengkapi dengan penambahan selang, masker, jaket dan pelindung kepala," jelasnya.

Alat itu, untuk keamanan serta keselamatan petugas saat melakukan pemadaman. "Alat itu sangat penting untuk dipakai oleh petugas pemadam kebakaran," katanya.

Pada kesempatan itu, Simon menuturkan di kesatuannya di New South Wales, Australia  saat ini memiliki lima unit mobil pemadam dengan dua jenis truk dan tiga mobil tipe sedang.

"Semua beroperasi dengan baik," ujarnya.

Pada prinsipnya, kata Simon, sebagai petugas pemadam kebakaran pihaknya meminta untuk melakukan tugas dengan sebaik-baiknya.

"Sebagai petugas pemadam kebakaran sangat mulia, untuk itu lakukan tugas dengan sebaik-baiknya," ujarnya.

Di akhir kunjungan, Simon menyerahkan kenang-kenangan berupa lambang pemadam kebakaran negaranya kepada salah seorang petugas pemadam kebakaran di Kabupaten Gianyar.

Kepala Unit Pelayanan Terpadu Daerah (UPTD) Pemadam Kebakaran Kabupaten Gianyar, I Wayan Gede Eka Putra, mengaku sering dikunjungi pemadam kebakaran dari luar negeri.

"Setidaknya sudah tiga kali, kami mendapat kunjungan dari petugas pemadam kebaran dari luar negeri," katanya.

Umumnya, kata  Eka Putra, mereka datang sambil berlibur serta menggali informasi tentang pemadam kebakaran di Bali.

"Terkadang mereka juga banyak membagi ilmu dan pengetahuan kepada petugas," katanya.(*)

Pewarta:

Editor : Masuki


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2010