Tabanan (Antara Bali) - Peringatan Hari Ibu untuk mengenang dan menghargai perjuangan kaum perempuan Indonesia sebagai motor penggerak perubahan pembangunan menyangkut berbagai aspek kehidupan.

"Mereka telah berjuang bersama kaum laki-laki dalam merebut kemerdekaan dan berjuang meningkatkan kualitas hidup masyarakat," kata Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti dalam sambutan tertulis dibacakan Ketua Pengadilan Negeri setempat Suprapti pada upacara peringatan Hari Ibu ke 86, Senin.

Peringatan tersebut dirangkai dengan Hari Bhakti Transmigrasi ke 64, Hari Nusantara ke- 15, Hari Perkebunan dan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional tahun 2014.

Ia mengatakan, perjuangan kaum perempuan Indonesia, telah menempuh proses yang sangat panjang dalam mewujudkan persamaan peran dan kedudukannya dengan kaum laki-laki.

Momentum Hari Ibu juga dijadikan sebagai refleksi dan renungan bagi semua. Dalam Tatanan Pemerintah Kabupaten Tabanan, peran perempuan sangat strategis dalam penyelenggaraan pembangunan.

Kontribusi perempuan dalam pembangunan tidak dapat dipungkiri lagi, saat ini telah banyak kaum perempuan yang memiliki peran dan posisi strategis di berbagai kehidupan.

Hal ini membuktikan bahwa perempuan jika diberi peluang dan kesempatan mampu meningkatkan kualitas hidupnya, secara mandiri.

Selain itu perempuan dalam berbagai dimensi kehidupan berbangsa dan bernegara, juga mampu menjadi motor penggerak dan motor perubahan dalam mewujudkan pembangunan di Kabupaten Tabanan.

Bupati Eka menambahkan, pada titik ini pembangunan Tabanan Serasi yang dicanangkan bersama menginginkan adanya ruang yang lebih besar bagi kaum perempuan untuk berperan lebih banyak lagi bagi proses pembangunan masyarakat.

Ia mengharapkan melalui peringatan kali ini semua pihak untuk bersama-sama mengupayakan peningkatan pendidikan politik dan partisipasi perempuan dalam mengambil keputusan dan meningkatkan peran perempuan dalam pembangunan ekonomi kreatif.

Selain itu menghapus deskriminasi gender dan kekerasan terhadap perempuan, serta membangun kesehatan masyarakat yang berkeadilan, ujar Bupati Eka. (WDY)

Pewarta: Oleh Nyoman Suartana

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014