Nusa Penida (Antara Bali) - Kapolres Klungkung, Bali AKBP Ni Wayan Sri Yudayatni Wirawati menegaskan, setiap warga Negara Indonesia termasuk perempuan memiliki hak dan kewajiban yang sama untuk berpartisipasi dalam setiap aspek kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Peranserta itu menyangkut kehidupan demokratis, kesataraan perempuan dan laki-laki dalam mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan dan berkeadilan menuju Indonesia berdaulat, mandiri dan berkepribadian," kata Kapolres Ni Wayan Sri Yudayatni, Senin.

Ia mengatakan hal itu pada Upacara Peringatan Hari Ibu ke-86, tahun 2014, di Mapolres

Klungkung. Peringatan Hari Ibu juga untuk meningkatkan peran dan partisipasi perempuan untuk ikut menentukan dalam mengambil keputusan dalam setiap aspek pembangunan.

Berkaitan dengan peran perempuan dalam mewujudkan demokrasi yang partisipatif, telah terlihat pada meningkatnya jumlah keterwakilan perempuan yang duduk dalam Kabinet Kerja Pemerintahan Joko Widodo.

Kaum perempuan sebagai sebagai pengambil keputusan dalam kebijakan, diharapkan perwujudan hak-hak perempuan di Indonesia semakin dapat terpenuhi.

Kapolres Ni Wayan Sri Yudayatni mengharapkan melalui peringatan hari Ibu mendorong terciptanya kesetaraan perempuan dan laki-laki pada setiap aspek kehidupan, baik dalam keluarga, masyarakat, maupun Bangsa dan Negara.

Kegiatan upacara tersebut ditandai dengan Pengibaran Sang Saka Merah Putih dan pembacaan sejarah Hari Ibu dan dihadiri Waka Polres Klungkung Kompol I Gusti Agung Dhana Aryawan SiK.MiK, para kabag, kasat, perwira dan bintara Polres Klungkung. (WDY)

Pewarta: Oleh Dewa Santana

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014