Miami (Antara Bali/AFP) - Wabah listeria yang diyakini berasal dari apel karamel kemasan menewaskan sedikitnya empat orang di Amerika Serikat dan membuat sakit 28 orang sejak November, ungkap pejabat pada Jumat.

Listeria monocytogenes disebabkan oleh bakteri dan dapat menyebabkan sakit yang membahayakan nyawa. Bakteri itu secara khusus berbahaya bagi anak-anak, orang lanjut usia dan perempuan hamil, bahkan beberapa dapat menyebabkan keguguran.

Total dari 83 persen orang yang diwawancara sejauh ini mengatakan bahwa mereka baru-baru ini memakan apel berlapis karamel itu.

Pusat Kontrol dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS mendesak konsumen di AS untuk tidak memakan apel yang diproduksi dan dikemas secara komersial hingga pemberitahuan lebih lanjut.

“CDC merekomendasikan agar konsumen AS tidak mengonsumsi apel yang diproduksi dan dikemas secara komersial, termasuk apel karamel biasa maupun yang berisi kacang, taburan gula, cokelat atau taburan lain hingga pemberitahuan lebih spesifik dapat diberikan,” ungkap CDC dalam sebuah pernyataan.

Dari 28 orang yang terinfeksi, 26 orang dirawat dan lima orang meninggal.

“Bakteri listeriosis menyumbang sedikitnya empat dari kematian tersebut,” CDC. (WDY)

Pewarta:

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014