Mangupura (Antara Bali) - Kabupaten Badung, Bali, berhasil meraih penghargaan Kerta Adhi Dharma 2014 sebagai daerah yang berhasil membina karang taruna.

Wakil Bupati Badung I Made Sudiana di Mangupura, Senin, mengatakan penghargaan itu merupakan wujud nyata dan kepedulian pemerintah daerah membangun di segala bidang baik fisik maupun nonfisik.

"Keberadaan karang taruna diharapkan ikut memberikan kontribusi dan andil dalam pembangunan di Badung," ujarnya.

Menurut dia, kehadiran dan keberadaan Karang Taruna diharapkan dapat menjadi teladan bagi dirinya, keluarga, masyarakat dan Kabupaten Badung serta menjadi garda depan yang ikut membangun Badung sampai ke pelosok desa.

Keikutsertaan dalam kejuaraan Bulan Bakti Karang Taruna tingkat nasional tahun 2014 yang diselenggarakan di Kabupaten Asahan, Sumatera Utara, tidak hanya untuk silaturahim dan tradisi kumpul-kumpul, namun dapat memberikan nilai positif.

"Setidaknya dapat memberikan informasi tentang keberadaan Kabupaten Badung dengan segala potensi alamnya yang dimiliki dan juga ikut andil dalam mempromosikan pariwisata Badung, Bali," ujarnya.

Keberhasilan Kabupaten Badung dalam pembangunan tidak terlepas dari peranan generasi muda seperti keberadaan Karang Taruna dan dinas terkait yang semuanya bersinergi dan saling mendukung untuk kemajuan bersama.

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa seusai menyerahkan penghargaan Kerta Adhi Dharma 2014 kepada Wakil Bupati Badung I Made Sudiana di Kabupaten Asahan, Sumatera Utara, Jumat (12/12) mengatakan bahwa Indonesia berada pada posisi strategis, penuh dengan tantangan karena sudah masuk ke dalam Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

"Masyarakat membutuhkan kompetensi tertentu khususnya di kalangan pemuda. Kekuatan pertanian sebagian besar bertumpu di desa. Karang Taruna menjadi ujung tombak sehingga menjadikan desa-desa yang mandiri dan produktif," ujarnya.

Khofifah mengajak para pemuda agar menjadi "alarm warning system" dari "human trafficking", maraknya peredaran minuman oplosan, serta peredaran narkoba yang mengorbankan anak-anak bangsa.

"Dengan integritas itu akan menumbuhkan efek positif bagi orang-orang muda yang tidak harus ke kota," katanya. (WDY)

Pewarta: Oleh Wira Suryantala

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014