Gianyar (Antara Bali) - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Real Estate Indonesia (REI) Bali berjanji tidak akan merusak lingkungan dalam mengembangkan perumahan di daerah "gudang seni" Kabupaten Gianyar.

"Sebagai masyarakat Bali tentunya kami dalam mengembangkan kawasan perumahan, tidak akan merusak Bali, namun pastinya ingin Bali menjadi lebih baik, indah dan semakin diminati oleh masyarakat dunia sebagai destinasi pariwisata," kata Ketua DPP REI Bali, I Gusti Made Ariyawan saat audiensi dengan Bupati Gianyar, AA Gde Agung Bharata di Gianyar, Selasa.

Gusti Ariyawan mengatakan pihaknya ingin melakukan kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Gianyar dalam pengembangan kawasan perumahan lebih memperhatikan tata ruang dan peraturan yang berlaku.

Dalam kerja sama yang diajukan pihak REI Bali, intinya adalah pengembangan di atas lima unit kavling atau 10 are wajib melampirkan akte pendirian dan perubahan-perubahan badan hukum serta Kartu Tanda Anggota (KTA) REI.

Ia mengharapkan Bupati Gianyar menjadi Dewan Penasehat Organisasi yang dalam hal ini memberikan arahan, nasehat dan bimbingan kepada segenap anggota REI Bali agar bersinergi dengan Pemerintah.

Hingga saat ini jumlah anggota REI Bali sebanyak 241 perusahaan dengan 78 perusahaan yang aktif.

Bupati Agung Bharata mengatakan, Pemerintah Kabupaten Gianyar membuka ruang atau kesempatan bagi seluruh pihak yang ingin turut serta membangun Gianyar.

Menurut Bupati Agung Bharata yang terpenting adalah memenuhi seluruh persyaratan yang ditentukan dan tidak menyalahi aturan yang berlaku.

"Pemerintah akan memberikan kesempatan yang sama terutama bagi pengembang lokal terlebih dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)," kata Bupati Agung Bharata.

Bupati meminta kepada setiap pengembang dalam membangun sebuah pemukiman harus memperhatikan peraturan yang ditentukan pemerintah dan juga tidak menyalahi peraturan yang telah dipegang teguh oleh masyarakat Bali, terutama jika pembangunan dilakukan dekat dengan lokasi-lokasi yang disakralkan masyarakat Bali seperti Pura.

Terkait kerja sama yang diajukan DPD REI Bali, pihaknya akan mengkaji terlebih dahulu. Namun segala niat baik terutama dalam membangun Gianyar tentunya akan menjadi perhatian besar bagi pemerintah Kabupaten Gianyar. (WDY)

Pewarta: Oleh Putu Arthayasa

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014