Amlapura (Antara Bali) - SMAN I Rendang yang telah menerapkan delapan standar pendidikan, menjadi duta Kabupaten Karangasem dalam Lomba Wawasan Wiyata Mandala (WWM) tingkat Provinsi Bali tahun 2014.

"Tim Penilai Lomba Wawasan Wiyata Mandala Provinsi Bali yang dipimpin Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga Disdikpora Provinsi Bali melakukan penilaian terhadap sekolah tersebut," kata Wakil Bupati Karangasem I Made Sukerana, Jumat.

Kepala SMAN I Rendang I Wayan Janiarta MSi menjelaskan, pihaknya meraih prestasi juara pertama Olimpiade Bahasa Jerman tingkat Nasional 2009, meraih nilai ebtanas murni (NEM) tertinggi di Bali jurusan Bahasa 2010, Juara I, II dan III Lomba melukis Provinsi 2010.

Selain itu pernah meraih juara Olimpiade sain geografi 2013 dan 2014 dan Juara I guru Mapel Biologi dan Sekolah Adiwiyata Nasional tahun 2012.

Di bidang nonakademis sekolah tersebut mengantongi prestasi Juara Liga Bali Post, Liga Pelajar sampai tahun 2014, Juara Karangasem Idol 2014 dan Juara III Baleganjur tingkat Kabupaten.

Tenaga pendidik yang mendukung proses belajar mengajar sebanyak 50 orang dan 19 tenaga kependidikan, dengan 28 jenis ekstra akademis dan non akademis.

Ida Bagus Oka Windusara mewakili Kadisdikpora Provinsi Bali mengatakan, wawasan wiyata mandala sebagai lingkungan pendidikan mengedepankan proses pembudayaan tata kehidupan sekolah yang menanamkan rasa memiliki.

Upaya itu diharapan mampu menjadi lembaga yang berperan membudayakan kehidupan manusia murni, unggul dan kompetitif untuk mencerdaskan bangsa. Lima hal pokok yang saling berkaitan dalam lingkungan wawasan wiyata mandala antara lain sekolah sebagai lingkungan pendidikan, wewenang dan tanggung jawab kepala sekolah.

Upaya meningkatkan mutu pendidikan secara nasional merupakan salah satu program yang sedang dilaksanakan pemerintah guna memberi jaminnan mutu layanan kepada pihak yang berkepentingan dalam mengembangkan potensi peserta didik. (WDY)

Pewarta: Oleh I Ketut Sutika

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014