Denpasar (Antara Bali) - Kebakaran yang terjadi kompleks bangunan "Galuh Bali Spa" di Jalan By Pass Ngurah Rai, Kuta, Kabupaten Badung, Jumat (6/8) sore diduga kuat disebabkan adanya pipa gas yang bocor.

Kapolsek Kuta AKP Wimboko ketika dikonfirmasi di Badung, Sabtu mengatakan bahwa temuan awal di lapangan menunjukkan, penyebab terjadinya kebakaran disebabkan adanya salah satu pipa gas yang bocor.

"Petugas kami sudah ke lokasi untuk mengambil sampel, termasuk tabung gas yang dicurigai sebagai penyebab terjadinya kebakaran," ujarnya.

Ia menerangkan, berdasarkan informasi yang didapatkan, sebelum kebakaran itu terjadi, salah satu petugas hendak melakukan pergantian tabung gas elpiji berukuran 12 Kg. Saat itulah, salah satu pipa gas di tempat tersebut diketahui ada yang bocor.

Dikatakan, petugas bersangkutan kemudian hendak memanggil salah seorang temannya untuk membantu mengatasi kebocoran itu. Tetapi telat,  pipa gas yang bocor itu keburu disambar oleh api yang ada di sekitar. Begitu petugas kembali ke tempat semula bersama temannya, kobaran api sudah besar.

"Kami menduga kebocoran itulah yang mengakibatkan kobaran api semakin membesar," ujarnya menjelaskan.

Menurut Wimboko, kejadian kebakaran tersebut bukn karena kebocoran tabung gas elpiji seperti ramai diberitakan, melainkan disebabkan karena adanya instalasi pipa gas yang bocor.

Wimboko menambahkan, akibat kebakaran itu, beberapa bangunan yang menjadi tempat terapi spa itu ludes dilalap si jago merah sehingga pengelola ditaksir menderita kerugian hingga mencapai Rp3 miliar. Pasalnya selain bangunan, beberapa peralatan ikut ludes terbakar.

"Berdasarkan prakiraan awal, kerugian ditaksir mencapai Rp3 miliar karena beberapa alat spa dan pendukung lainnya ikut terbakar," ujarnya.

Pada peristiwa itu, petugas pemadam kebakaran Kabupaten Badung mengerahkan enam unit mobil  untuk memadamkan api.

Lokasi kebakaran yang terletak di pinggir jalan utama By Pass Ngurah Rai ini, menyebabkan kemacetan selama kurang lebih tiga jam. Setelah api dapat dikuasai petugas pemadam kebakaran jalur lalulintas perlahan mulai lancar.

Kebakaran tersebut mengakibatkan tiga orang luka bakar dan harus dilarikan ke rumah sakit Graha Asih, Kuta. Selain itu, kebakaran juga menyebabkan para wisatawan yang sedang menjalani terapi perawatan tubuh di spa itu panik dan berhamburan keluar untuk menyelamatkan diri.(*)

Pewarta:

Editor : Masuki


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2010