Denpasar (Antara Bali) - Keberadaan Museum Olahraga Nasional di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta, yang menyimpan foto para tokoh olahraga nasional dan pernah menjadi juara dunia belum banyak dikenal masyarakat.

Museum ini juga menyimpan berbagai foto berbagai jenis olahraga tradisional sebagai upaya pelestarian budaya bangsa, kata Kepala Museum Olahraga Nasional Drs Waluyono MM pada acara pembukaan pameran museum di Denpasar, Rabu.

Untuk memperkenalkan keberadan Museum Olahraga Nasional kepada masyarakat diadakan suatu pameran keliling di semua provinsi di nusantara mulai dari Lampung, Nusa Tenggara Barat, Bali dan terakhir di Kalimantan.

Ia mengatkan, banyak tokoh olahraga yang belum mengetahui keberadaan Museum Olahraga Nasional yang ada di kawasan TMII itu, kata dia dan menyebutkan penggagasn pendirian museum itu adalah Sri Sultan Hamengkubuwono IX (Alm).

Pameran yang menyuguhkan foto-foto tokoh olahraga nasional termasuk peralatan yang pernah dipakai bertanding dan pernah menjadi juara, ternyata mendapat sambutan hangat dari masyarakat termasuk anak-anak sekolah di Denpasar.

Anak-anak sekolah yang diundang untuk menyaksikan pameran tersebut memberi apresiasi atas prestasi yang pernah dicapai para pahlawan olahraga nasional yang ditunjukkan dalam foto dan pakaian maupun alat olahraga yang pernah dipakainya itu.

Rudi Hartono, bintang bulutangkis Indonesia tempo dulu misalnya, begitu pula Susi Susanti yang pernah berjaya di kejuaraan dunia disuguhkan dalam bentuk foto serta sepatu dan raket yang pernah dipakai bertanding.

Yayuk Basuki, petenis putri Indonesia, juga dipajang dalam pameran yang berlangsung hingga Sabtu mendatang. begitu pula contoh-contoh berbagai jenis olahraga tradisional yang bermunculan diberbagai daerah di nusantara.

Khusus Elias Pikal, petinju asal Ambon yang pernah sebagai juara dunia, ternyata masih memiliki banyak penggemar bahkan sempat dipertanyakan keberadaan dan nasibnya saat ini oleh para remaja yang hadir di pameran itu.

Para tokoh olahraga itulah yang sempat mengumandangkan Lagu Indonesia Raya saat mereka memenangkan pertandingan dan menjadi juara di luar negeri, kata Waluyono saat menguraikan sejarah berdirinya Museum Olahraga Nasional.(*)

Pewarta:

Editor : Masuki


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2010