Denpasar (Antara Bali) - Sejumlah museum dan galeri di Bali menggelar pameran lukisan dan karya seni lainnya untuk ikut memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-69 Kemerdekaan RI, 17 Agustus 2014.

Bentara Budaya Bali (BBB), lembaga kebudayaan nirlaba Kompas-Gramedia di Ketewel, Kabupaten Gianyar misalnya, menggelar pameran foto karya 13 fotografer mancanegara, kata kurator pameran tersebut Yudha Bantono di Denpasar, Minggu.

Pameran yang menampilkan 70 karya foto dengan nuansa yang berbeda mengusung tema "Airmata Lensa: Membaca Fenomena Orang-Orang Terpasung" berlangsung sepekan, 19-24 Agustus 2014.

Demikian pula museum di Puri Ageng Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, Bali, memamerkan 50 foto dari 25 jenis tarian yang diperagakan oleh maestro seni tari Bali, Ida Bagus Blangsinga

Foto-foto tersebut karya pilihan hasil jepretan dari Komunitas Photografi Menapak Jalan Leluhur (MUL) yang berlangsung selama dua hari, 16-17 Agustus 2014.

Sementara di Dewangga House of Lempad perkampungan seniman Ubud, Kabupaten Gianyar, berlangsung pameran lukisan yang menyuguhkan 160 lukisan karya maestro seni lukis Bali I Gusti Nyoman Lempad (alm) beserta keluarganya selama sebulan, 27 Juli-28 Agustus 2014.

Made Mahendra Mangku (41), alumnus Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta menampilkan 25 karya seni dalam pameran tunggal yang diberi judul "Interior Journey" di Tony Raka Gallery, Mas, perkampungan seniman Ubud, Kabupaten Gianyar.

Karya abstrak yang merupakan pameran tunggal yang kesembilan kali itu juga ikut memeriahkan HUT ke-69 Kemerdekaan RI yang berlangsung selama sebulan 18 Juli hingga 18 Agustus 2014.

Pameran lukisan merupakan salah satu kegiatan dalam memperingati HUT Kemerdekaan RI yang berlangsung meriah mulai dari tingkat banjar, desa, kecamatan, kabupaten hingga Provinsi Bali

Berbagai kegiatan maupun lomba yang ditampilkan umumnya mampu memberikan rasa senang, gembira dan tertawa bagi masyarakat. Kegiatan itu antara lain gerak jalan massal yang dilaksanakan masyarakat di Kecamatan Denpasar barat, serta lomba memanjat pohon pinang untuk merebut berbagai hadiah. (WDY)

Pewarta: Oleh I Ketut Sutika

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014