Denpasar (Antara Bali) - Tingkat hunian hotel di Bali mencapai seratus persen selama liburan lebaran dan cuti bersama tahun 2014 karena tahun ini liburannya lebih panjang sehingga wisatawan lebih leluasa bepergian ke daerah tujuan pariwisata.

"Tahun ini hunian hotel kami meningkat dibanding tahun 2013 yang hanya berkisar 85 persen hingga 90 persen," kata Direktur Utama PT Dwimas Andalan Property (DAP), yang juga Dirut Bali Kuta Resort (BKR) Karan Sukarno di Kuta, Bali, Selasa.

Ia mengatakan Bali menjadi daerah tujuan wisata utama di Indonesia, karena selain keindahan alamnya juga didukung seni dan budaya yang masih kuat dilestarikan di Pulau Dewata.

"Bali memang menjadi daya pikat wisatawan untuk berkunjung, karena keindahan alam serta didukung seni budaya yang adiluhung," katanya.

Karan Sukarno lebih jauh mengatakan saat ini hotel yang dikelolanya masih penuh, bahkan perkiraan tamu akan keluar (cek out) pada akhir pekan ini.

"Memang hotel kami berada di tempat strategis. Jadi wisatawan yang menginap jika ingin menikmati pantai dengan mudah untuk mengakses Pantai Kuta," ujarnya.

Selain itu, kata dia, hotel dengan bintang empat ini memberikan pelayanan tamu dengan sangat istimewa, sehingga mereka betah berlama-lama menginap di hotel tersebut.

Ditanya segmen pangsa pasar wisatawan yang dijadikan sasaran, kata Karan Sukarno, sebenarnya hotel ini tidak menentukan segmen asal wisatawan. Tergantung wisatawan yang datang, maka pihaknya siap memberi pelayanan sesuai dengan bintang dari hotel tersebut.

"Kalau liburan seperti sekarang (lebaran) tamu yang paling banyak adalah wisatawan lokal berasal dari Jakarta, Surabaya, Makassar dan daerah lainnya," ucapnya.

Karan Sukarno mengatakan pihaknya juga sudah mengelar halal bi halal Idul Fitri sebagai ungkapan silahturahmi kepada masyarakat, tamu dan pejabat daerah. Kegiatan itu dilaksanakan pada Senin malam (4/8).

"Acara halal bi halal yang kami gelar tersebut dihadiri sejumlah pejabat, di antaranya Danrem 163/Wirasatya, Kapolresta, Dandim Badung dan undangan lainnya," katanya.

Hal senada juga dikatakan General Manager Hotel Puri Saron Kuta, Gusti Kade Sutawa, hunian hotel pada liburan lebaran dan cuti bersama mencapai 100 persen.

"Liburan lebaran kali ini memang membawa berkah bagi hotel-hotel di Bali, khususnya di kawasan Kuta, karena semuanya penuh oleh wisatawan yang berlibur di Pulau Dewata. (WDY)

Pewarta: Oleh I Komang Suparta

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014