Nusa Penida (Antara Bali) - Seluruh penumpang KMP Gelis Rauh yang berjumlah 76 orang selamat saat feri yang ditumpanginya itu terbakar di perairan Selat Lombok, Kamis (17/7) malam.

"Semua penumpang selamat," kata Kepala Bidang Penyeberangan Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informasi Kabupaten Klungkung I Dewa Gede Sutarta di Nusa Penida, Jumat.

Menurut dia, semua penumpang selamat dievakuasi ke Pelabuhan Padangbai, Kabupaten Karangasem, meskipun lokasi kebakaran kapal tersebut lebih dekat ke Nusa Penida, Kabupaten Klungkung.

Ada delapan unit kapal yang membantu penyelamatan dan evakuasi penumpang KMP Gelis Rauh, salah satunya KMP Nusa Jaya Abadi milik Pemerintah Kabupaten Klungkung yang berlayar di jalur penyeberangan Padangbai-Nusa Penida.

Sutarta menyebutkan KMP Nusa Jaya Abadi berhasil mengevakuasi 15 orang penumpang selamat ke Pelabuhan Padangbai, dua di antaranya masih balita.

Kapal yang mengangkut 76 penumpang dan sejumlah kendaraan bermotor itu terbakar sekitar 30 menit dari Pelabuhan Padangbai menuju Pelabuhan Lembar, Nusa Tenggara Barat, Kamis (17/7) pukul 22.00 Wita.

Dalam waktu tidak terlalu lama api melalap seluruh badan kapal disertai ledakan. Sebagian penumpang terjun ke laut dan berenang menuju kapal penolong.

Sampai saat ini belum diketahui faktor penyebab terjadinya kabakaran hebat yang melanda feri di jalur penyeberangan Bali-Lombok itu. "Semuanya masih dalam penyelidikan," kata Sutarta.



Berikut 15 nama penumpang KMP Gelis Rauh yang dievakuasi KMP Nusa Jaya Abadi:

1) I Gede Agus Budiantara (18) warga Bebandem, Karangasem, Bali.

2) Jihansah (37) warga Mataram, NTB.

3) Badrul (51) warga Lombok Tengah, NTB.

4) I Wayan Dipsa (29) warga Sumbawa Besar, NTB.

5) Humaydi Azami (23) warga Lombok Timur, NTB.

6) Amar (22) warga Lombok, NTB.

7) Herman (21) warga Lombok, NTB.

8) Kristian Kanti (26) warga Lombok, NTB.

9) Badarudin(58) warga Mataram, NTB.

10) Sukadi (56) warga Lombok, NTB.

11) Kacis (43) warga Lombok, NTB.

12) I Ketut Swendria (48) warga Karangasem , Bali.

13) I Gede Arya Mertadana (balita) warga Karangasem, Bali.

14) Kadek Widnyana (balita) warga Karangasem, Bali.

15) Sumadi (ABK)

Pewarta:

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014