Denpasar (Antara Bali) - Sebanyak 23 wajah baru mewarnai Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Bali periode 2014-2019 sebagaimana penetapan rapat pleno terbuka hasil Pemilu 2014 di Denpasar, Senin.

"Sesuai dengan tahapan, hasil penetapan ini akan kami beritahukan kepada pimpinan parpol, DPRD Bali dan juga kepada caleg terpilih," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum Provinsi Bali Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi dalam rapat pleno terbuka hasil Pemilu 2014 terkait prolehan kursi dan caleg terpilih tersebut.

Berdasarkan hasil pleno itu, dari 55 alokasi kursi di DPRD Bali, 23 di antaranya diisi oleh wajah baru dari berbagai partai politik, sedangkan 32 anggota lainnya merupakan anggota DPRD Bali periode 2009-2014.

Wajah anyar anggota DPRD Bali terbanyak disumbang dari Daerah Pemilihan Bali V (Kabupaten Buleleng) dengan tujuh caleg terpilih Dewa Made Mahayadnya dan I Kadek Setiawan (PDIP), Nyoman Tirtawan (Nasdem), IGK Kresna Budi (Golkar), I Ketut Agus Mas Sewi Putra (Gerindra), Ketut Jengiskan (PAN), dan Made Arini (Hanura).

Kemudian wajah baru lainnya dari Dapil Bali I (Kota Denpasar), yakni AA Kompyang Raka, I Wayan Kariarta, AA Ngurah Adhi Ardana dari PDIP, serta Jro Gede Komang Swastika (Gerindra). Untuk Dapil Bali 2 (Kabupaten Badung) satu caleg dari Partai Gerindra atas nama Bagus Suwitra Wirawan.

Sedangkan di Dapil Bali III (Kabupaten Tabanan) ada tiga caleg baru yang berhasil melenggang ke DPRD Bali yakni I Nyoman Adi Wiryatama dan Ketut Purnaya (PDIP), serta Gde Ketut Nugrahita Pendit (Gerindra). Selanjutnya satu caleg dari Dapil Bali 4 (Jembrana) yakni I Wayan Rayun (PDIP).

Di Dapil Bali 6 (Kabupaten Bangli) ada dua caleg baru untuk DPRD Bali yakni I Nyoman Budi Utama dan I Nyoman Adnyana yang keduanya dari PDIP, di Dapil Bali 7 (Kabupaten Karangasem) ada tiga caleg anyar yakni Ni Kadek Darmini (PDIP), Ni Putu Yuli Artini (Golkar) dan I Nyoman Suyasa (Gerindra).

Serta masing-masing satu caleg dari Dapil Bali 8 (Kabupaten Klungkung) atas nama I Nengah Wijana (Gerindra) dan I Kadek Diana (PDIP) dari Dapil Bali 9 (Kabupaten Gianyar).

Sementara itu untuk perolehan kursi parpol di DPRD Bali yakni Partai Nadem (dua kursi), PDIP (24), Golkar (11), Gerindra (7), Demokrat (8), PAN (1), Hanura (1), dan PKPI (satu kursi). (LHS/ADT)

Pewarta: Oleh Ni Luh Rhismawati

Editor : I Nyoman Aditya T I


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014