Denpasar (Antara Bali) - Tempat pemungutan suara (TPS) di Bali umumnya kini sudah mulai melakukan penghitungan, namun beberapa diantaranya masih menuntaskan pencoblosan, meski sudah memasuki pukul 13.00 Wita, Rabu.

TPS nomor 10 Banjar Sanda, Petang, Badung utara misalnya sudah mulai melakukan proses penghitungan oleh Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) disaksikan utusan dari Partai Demokrat, Golkar dan PDIP.

Sedangkan saksi dari sembilan partai lainnya tidak masih di lokasi, padahal saat proses pencoblosan saksi lintas parpol tersebut lengkap.

TPS 10 yang lokasinya berdekatan dengan jembatan Tukad Bangkul, jembatan terpanjang di Bali yang menghubungkan Kabupaten Badung dengan Kabupaten Bangli itu tercatat 457 pemilih.

Dari daftar pemilih tersebut yang hadir 416 orang, sehingga ada 41 orang yang tidak memilih (golongan putih).

Sementara di TPS 12 Petang masih menyelesaikan proses pencoblosan. di TPS tersebut tercatat 505 pemilih, lima pemilih di antaranya tidak hadir.

Sedangkan di TPS 30 Kecamatan Karangasem, daerah ujung timur Pulau Bali telah dilakukan proses penghitungan suara.

TPS tersebut tercatat 205 pemilih, sebagian besar telah menyalurkan aspirasinya.

Menurut Panwaslu Karangasem Wayan Ardika pihaknya menerima laporan salah seorang saksi parpol ke TPS mengenakan baju dengan atribut parpol bersangkutan.

Saksi tersebut segera ditolak. Pihaknya akan menindaklanjuti laporan tersebut dan akan memberikan teguran atau sanksi kepada partai tersebut.

Selain itu juga menerima laporan dari salah satu TPS bahwa terjadi pertukaran surat suara dan permasalahan itu segera dapat diatasi sehingga proses pencoblosan dapat terlaksana dengan baik.

Secara umum pelaksanaan Pemilu di Karangasem dapat terlaksana dengan baik, lancar dalam suasana yang kondusif, ujar Wayan Ardika.

Jumlah pemilih di Bali sebanyak 2.938.377 orang yang terdiri atas pemilih laki-laki 1.456.834 orang dan pemilih perempuan 1.481.543 orang. Mereka melakukan pencoblosan tersebar pada 8.094 TPS di delapan kabupaten dan satu kota di daerah ini.

Sedangkan caleg lintas parpol yang masuk dalam calon tetap (DCT) untuk DPRD kabupaten/kota, DPRD provinsi, DPR RI dan DPD RI sebanyak 3.230 orang, di antaranya 1.186 orang caleg perempuan atau 36,7 persen.

Sedangkan kursi DPRD Kota/Kabupaten, DPRD Provinsi, DPR RI dan DPD RI untuk Provinsi Bali hanya untuk 403 orang, sehingga persaingannya sangat ketat. (WRA) 

Pewarta: Oleh I Ketut Sutika

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014