Denpasar (Antara Bali) - Kepala Kepolisian Daerah Bali, Inspektur Jenderal Albertus Julius Benny Mokalu meminta para personel Polri di wilayahnya untuk menjaga kesehatan dalam mengamankan tahapan Pemilihan Umum 2014.

"Saya perintahkan Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokes) untuk melakukan cek kesehatan personel," ucap Benny Mokalu di Denpasar, Sabtu.

Menurut dia, menjaga kesehatan sangat penting mengingat hampir dua per tiga jumlah personel atau sekitar 8.200 dari 12.400 personel yang dimiliki Polda Bali akan bertugas mengamankan tahapan Pemilu.

"Seluruh personel harus sehat dan prima. Jangan sampai anggota sakit, baru turun (melakukan cek kesehatan)," ujar mantan Kepala Polda Bengkulu itu.

Jenderal dengan bintang dua itu juga meminta Biddokes memberikan obat dan vitamin bagi polisi agar menjaga kesehatan dan stamina tubuh.

"Jangan sampai pada hari H pengamanan, banyak anggota sakit," ucap Benny Mokalu.

Pihaknya telah siap untuk mengamankan pesta demokrasi itu baik saat masa kampanye, pencoblosan, penghitungan suara, hingga pelantikan telah siapkan oleh polisi.

Jajaran Polda Bali sebelumnya telah melakukan persiapan pengamanan baik melalui pemberian pemahaman teori terkait jumlah calon legislatif serta jumlah partai politik hingga persiapan latihan yang dilakukan mulai 4-7 Maret 2014.

Tak hanya kesehatan personel polisi, kesehatan hewan yang membantu personel dalam aktivitas pengamanan juga perlu mendapat perhatian.

"Termasuk hewan, seperti anjing pelacak dan kuda patroli juga harus diperhatikan kesehatannya," katanya.

Kepolisian Daerah Bali akan memaksimalkan dua per tiga jumlah personelnya atau sekitar 8.200 untuk mengamankan tahapan Pemilihan Umum 2014.

"Ketentuan dua per tiga bagian (personel), kami maksimalkan," katanya.

Menurut dia, dalam mengamankan tahapan pesta demokrasi lima tahunan itu, pihaknya tidak menerapkan pengamanan khusus karena semua pola pengamanan satu garis dengan arahan Mabes Polri.

"Sama dengan Mabes Polri, satu garis dengan di atas. Tidak ada yang beda. Pola pengamanan dan kesiapan personel juga sama," ucap Mantan Kepala Polda Bengkulu itu.(WDY)

Pewarta: Oleh Dewa Wiguna

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014