Singaraja (Antara Bali) - Penyematan Brevert Menyelam (wing) kepada 20 peserta pelatihan menyelam bagi Pramuka Satuan Karya Bahari Buleleng dilanjutkan dengan pelepasan tiga terumbu karang (Hexadone) ke perairan di kawasan Kerbokan Buleleng.

"Rumah untuk berkembang biak berbagai jenis ikan itu salah satunya berbentuk Tunas Kelapa di perairan laut Desa Kerobokan, Kecamatan Sawan, Buleleng," kata Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Buleleng Nyoman Sutrisna Minggu.

Ia mengatakan, pemasangan terumbu karang tersebut dilakukan para penyelam dari Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanla) Kabupaten Buleleng, bekerja sama dengan kelompok nelayan setempat.

Nyoman Sutrisna yang juga Ketua Majelis Pembimbing Saka Bahari sebelumnya juga telah membangun 17 unit terumbu karang yang telah ditempatkan di dasar laut perairan Kerobokan.

Semua itu diharapkan mampu memacu perkembangan terumbu karang buatan dan memicu tumbuhnya habitat ikan.

Nyoman Sutrisna pada kesempatan itu menebarkan ribuan ekor bibit ikan kerapu di perairan laut Kerobokan, diawali oleh Asisten III Sekda Buleleng Gede Dharmaja mewakili bupati dan unsur Muspika Sawan serta Kepala Desa Kerobokan.

Kegiatan tersebut merupakan rangkaian terakhir yang dilakukan dalam upaya konservasi terumbu karang di Buleleng timur, namun demikian diperlukan pengawasan dari pihak-pihak terkait, sehingga keberadaan terumbu karang mampu berkembang, harapnya. (WRA)

Pewarta: Oleh I Made Tirthayasa

Editor : I Gede Wira Suryantala


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013