Denpasar (Antara Bali) - Pencinta mobil Volkswagen Yudi Harbie berkeliling Indonesia dengan mengendarai VW Battle keluaran 1961 seorang diri untuk memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI).

"Saya optimistis bisa mencatatkan perjalanan panjang ini di MURI," katanya saat ditemui di sela-sela beristirahat di Lapangan Lumintang, Denpasar, Sabtu.

Perjalanan yang dimulai dari Jakarta pada 1 Oktober 2013 itu juga dalam rangkaian Hari Sumpah Pemuda. "Saya targetkan perjalanan ini tuntas pada bulan Januari 2014," kata Yudi.

Dalam perjalanan panjang tersebut, dia melintasi Jawa, Madura, Bali, Lombok, Flores, Sulawesi, Maluku, Halmahera, Papua, Kalimantan, dan Sumatera dengan menggunakan mobil bertempat duduk tunggal nomor polisi B-2360-B.

"Ekspedisi ini tidak hanya untuk memperingati Sumpah Pemuda, melainkan juga untuk menebar misi Cinta Tanah Air," katanya

Yudi menambahkan Ini adalah perjalanan pertama di Indonesia dimana dilakukan oleh sebuah VW dan seorang diri. "Nanti saya targetkan finis di Aceh pada januari 2014, yang diawali di Jakarta pada 1 Oktober 2013 lalu," katanya.

Perjalanan Yudi akan didokumentasikan dalam bentuk perangko oleh PT Pos Indonesia. "Oleh sebab itu, saya membawa paspor filateli sebagai sebuah catatan kegiatan yang disahkan oleh pemerintah daerah yang saya kunjungi, kantor Pos di daerah, dan sesama penggemar VW," ujarnya.

Selama melakukan perjalanan di Jawa, Madura, dan Bali, dia sudah mengunjungi 30 klub pencinta mobil buatan Jerman. Dari Bali, Yudi akan menyeberang ke Pulau Lombok dan pulau-pulau lainnya di Indonesia timur.

"Perjalan ke kawasan timur itu paling berat karena selain medannya sulit, juga butuh biaya tinggi," ujarnya. (WRA) 

Pewarta: Oleh I Made Argawa

Editor : I Gede Wira Suryantala


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013