Surabaya (Antara Bali) - Homemade Healthy Baby Food (HHBF), sebuah grup yang konsen terhadap persoalan balita, menggelar diskusi bersama untuk mengingatkan kepada para orang tua akan pentingnya makanan sehat bagi balita.

"Soal balita umur satu tahu ke atas yang mogok makan (tidak mau makan), tapi lebih suka minum susu formula perlu dicari penyebabnya," kata konselor anak HHBF dr. Novi Wiria Pridayanto saat diacara diskusi yang dihadiri puluhan ibu-ibu di Surabaya, Minggu.

Menurut dia, jika anak susah makan, maka bisa dilihat badannya kurang enak atau bisa jadi kekenyangan karena kebanyakan susu formula atau juga kebiasaan makanan jajan atau snak.

"Bisa juga menu makannya itu-itu saja, sehingga membuat anak menjadi bosan," katanya.

Kebanyakan dari orang tua tidak mengetahui hal ini sehingga solusinya menambah porsi minuman susu mulai dari yang harganya murah sampai yang mahal.

"Jika anak di atas umur satu tahun sebaiknya susu formulanya dikurangi. Paling tidak dua gelas atas sekitar 500 ml. Tentunya harus dibiasakan dengan makanan sehat," katanya.

Makanan sehat, lanjut dia, tidak harus nasi melainkan yang mengandung protein dan karbohidrat seperti halnya kentang, jagung manis, wortel, ketela, dan lainnya.

Pewarta: Oleh Abdul Hakim

Editor : I Nyoman Aditya T I


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013