Menakertrans Perkirakan Urbanisasi Capai Sejuta Orang

Senin, 12 Agustus 2013 19:32 WIB

Jakarta (Antara Bali) - Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Muhaimin Iskandar memperkirakan arus urbanisasi atau perpindahan penduduk dari desa ke kota pasca-Lebaran 2013 mencapai satu juta orang.

"Fenomena mudik Lebaran selalu disertai proses urbanisasi penduduk desa menuju kota yang mencari pekerjaan," kata Muhaimin usai acara halal bi halal dengan pegawai Kemnakertrans di Jakarta, Senin.

Selain Jakarta yang menjadi tujuan urbanisasi utama, kota-kota besar lain di Indonesia, seperti Bandung, Surabaya, Semarang, Medan, dan Batam, juga menjadi tujuan arus urbanisasi.

Muhaimin mengatakan arus urbanisasi yang kerap terjadi pasca-Lebaran harus diantisipasi agar tidak menimbulkan gejolak sosial dan menambah ancaman pengangguran yang makin tinggi di perkotaan.

Tidak dapat dipungkiri, kata Menakertrans, kota-kota besar seperti Jakarta tetap memiliki daya tarik bagi penduduk di kota kecil sebagai lokasi tepat untuk mencari pekerjaan.

Untuk mengantisipasi hal itu, Muhaimin mengatakan Pemerintah telah menyiapkan beberapa solusi agar arus urbanisasi ke kota-kota besar tidak menimbulkan masalah baru dan menambah beban dalam upaya mengatasi pengangguran dan kemiskinan.

"Kita terus mendorong agar otonomi daerah bisa menjadi salah satu solusi masalah urbanisasi ini. Otonomi daerah harus berhasil mengembangkan pusat-pusat pertumbuhan dan meningkatkan pembangunan di perdesaan dan kota-kota kecil agar penduduk tidak harus pergi ke kota," kata Muhaimin.

Kerja sama dilakukan Kemnakertrans dengan pemerintah daerah untuk mengatasi pengangguran di perdesaan dan kota-kota kecil. Dalam hal ini, pemerintah daerah diminta untuk meningkatkan perencanaan ketenagakerjaan di daerah sehingga mampu menyerap tenaga kerja.(WRA)

Pewarta: Oleh Arie Novarina

Editor : I Gede Wira Suryantala


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013

Terkait

Riau Tak Tolak Arus Urban

Minggu, 18 Agustus 2013 18:43

Jaringan Asia Pasifik Atasi Urbanisasi

Kamis, 6 September 2012 6:34

60.000 Penduduk Belum Miliki KTP Denpasar

Senin, 12 September 2011 11:16

Peningkatan Penduduk Denpasar Empat Persen/Tahun

Senin, 12 September 2011 11:14

Pasar Kerja Festival sediakan ribuan lowongan

Kamis, 1 Desember 2022 15:51
Terpopuler