Denpasar (Antara Bali) - Bupati Gianyar Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati menolak menjabat ketua KONI di salah satu daerah di Bali itu, karena sesuai undang-undang pejabat publik tidak diperkenankan memimpin oganisasi olah raga.

"Saya akan memusatkan pikiran untuk pembangunan dan bekerja keras untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat, tanpa mengenyampingkan bidang olah raga," ucapnya saat Musyawarah Olah Raga Kabupaten (Musorkab), Sabtu.

Sesuai undang-undang, katanya, dirinya tidak diperkenankan merangkap jabatan di KONI. Oleh karena itu perlu dicari figur yang cocok isasi olah raga ini, oleh sebab itu perlu mendapatkan pigur yang lebih cocok dan mau bekerja keras melakukan pengabdian kepada masyarakat olah raga.

Tjok Oka Artha Ardana Sukawati yang akrab disapa Cok Ace, tidak mau ikut-ikutan pejabat bupati daerah lainnya yang masih bersedia bercokol sebagai ketua umum KONI.

Begitu pula pejabat publik lainnya yang masih memimpin organisasi olah raga juga dilarang rangkap jabatan.

Pemerintah kabupaten akan tetap memberikan bantuan dana dalam upaya memajukan olah rag, tetapi jumlahnya sesuai kemampuan keuangan yang ada, tutur Cok Ace.

Ketuas Harian KONI Bali I Gusti Agung Susila pada kesempatan itu minta agar pemerintah tetap membantu dengan dana yang memadai dalam membina cabang olah raga yang berkembang, sebab atlet-atlet di daerah sebagai ujung tombak dalam meningkatkan prestasi.

Atlet yang berprestasi dan mampu berbicara di tingkat nasional maupun internasional, otomatis akan mengangkat harkat dan martabat daerah maupun bangsa, sekaligus menjadi kebanggaan.

Oleh karena itu pemerintah harus bisa memberikan perhatian lebih kepada cabang-cabang olah raga yang berkembang. Apalagi yang atletnya memiliki potensi menjadi juara, tentu akan dipilih untuk pembinaan lebih lanjut.

Agung Susila mengatakan, Bali kini melakukan pembinaan terhadap 60 orang, 43 di antaranya atlet dan sisasnya pelatih dari berbagai cabang olah raga.

Pembinaan dilakukan melalui program atlet andalan daerah (Palda) Bali Emas 2010 untuk dipersiapkan maju ke pekan olah raga nasional (PON) Riau 2012.(*)

Pewarta:

Editor : Masuki


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2010