Batam (Antara Bali) - Pemerintah pusat melalui PT Jamkrindo dan PT Askrindo serta sejumlah bank nasional telah mengucurkan dana Rp4 triliun untuk membantu pengembangan usaha mikro dan kecil melalui kredit usaha rakyat (KUR).

"Secara nasional sudah 8,2 juta warga yang sudah memanfaatkan KUR dengan nilai mencapai Rp4 triliun," kata Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Harry Azhar Aziz dalam Lokakarya Sinergitas antara Pemerintah, Pemerintah Daerah dan BUMN dalam Pengembangan Usaha Mikro dan Kecil, di Batam, Jumat.

Ia mengatakan, perbankan yang menyalurkan dana KUR di antaranya BRI, BNI, dan BTN dengan jumlah nasabah terbesar dari BRI.

"BRI bisa dikatakan sebagai juara KUR, karena penyalurannya paling banyak. Kami percayakan kepada bank untuk memberikan dana KUR kepada rakyat, dan BRI merupakan bank yang banyak memperoses KUR," ujar Harry.

Untuk di Batam dan Kepulauan Riau, kata dia, saat ini ada sekitar 4.000 nasabah yang mengembangkan usaha mikro dan kecil, yang sudah memanfaatkan dana KUR.

Harry mengatakan, pemerintah masih akan terus membantu rakyat untuk mengembangkan usaha kecil dan mikro melalui bank-bank pemerintah dengan target tertentu. (WRA)

Pewarta: Oleh Larno

Editor : I Gede Wira Suryantala


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013