Palu (Antara Bali) - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Sulawesi Tengah (Sulteng) selama Maret 2013 didominasi pengunjung dari Asia, yakni 309 orang dari 375 tamu asing yang datang.

Kepala BPS Sulawesi Tengah JB Priyono di Palu, Rabu, wisatawan Asia itu pada umumnya berasal dari China, Malaysia dan Korea Selatan.

Dia mengatakan para tamu asing itu ada yang sengaja melakukan kunjungan wisata, atau keperluan kerja dengan dilanjutkan rekreasi. "Mungkin juga tamu dari Asia itu merasa dekat untuk berkunjung ke Indonesia sehingga jumlahnya banyak," katanya.

Tamu asing itu diperkirakan juga mengunjungi wilayah lainnya selain Sulawesi Tengah, seperti Pulau Bali atau Sulawesi Selatan.

Dia menyebutkan dari tamu asing lainnya yang berkunjung ke Sulawesi Tengah itu, terdiri dari wisatawan asal Amerika Serikat sebanyak 32 orang, disusul dari Eropa sebanyak 30 orang, serta Oceania dan Afrika yang masing-masing berjumlah tiga dan satu orang.

Sementara itu, kunjungan wisatawan asing ke Sulawesi Tengah pada Februari 2013 sebanyak 365 orang, 299 di antaranya berasal dari Asia. (LHS)

Pewarta: Oleh: Riski Maruto

Editor : Ni Luh Rhismawati


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013