Denpasar (Antara Bali) - Asosiasi Manajer Hotel di Bali (Bali Hotels Association) berencana mengembangkan paket wisata "puri" atau peninggalan kerajaan di Pulau Dewata sebagai salah satu upaya pelestarian budaya.

"Nanti dengan paket wisata puri ini, para wisatawan dapat belajar menari, memasak, membuat sesajian dan sebagainya di sana. Sedangkan menginapnya bisa di rumah warga," kata Direktur Eksekutif BHA Djinaldi Gosana di Denpasar, Kamis.

Wisata "puri" tersebut, jelas dia, merupakan bentuk perpaduan antara pengembangan desa wisata dengan aktivitas keluarga "puri". Jadi, wisatawan dapat menikmati aktivitas budaya dengan didukung oleh warga di sekitarnya.

"Kami sudah menjajaki beberapa puri di Bali untuk kerja sama ini yakni dengan keluarga Puri Jero Kuta di Denpasar, Puri Kanginan di Karangasem, Puri Gianyar, Puri Kerambitan dan Puri Penebel di Tabanan, Puri Bongkasa di Badung, dan Puri Singaraja," ujarnya.

Ia menambahkan, atraksi wisata yang akan ditampilkan akan difasilitasi oleh keluarga puri. Sementara dari BHA akan membantu perbaikan renovasi puri maupun rumah warga yang akan dijadikan tempat menginap. (LHS)

Pewarta:

Editor : Masuki


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013