Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar, Jawa Timur melakukan studi tiru manajemen pasukan pengibar bendara pusaka (paskibraka) ke Kabupaten Buleleng, Bali guna mempelajari pola perekrutan dan pelatihan yang sudah tertata dengan baik di daerah tersebut.
      
"Kami ingin belajar bagaimana Buleleng melakukan manajemen pelatihan yang mumpuni sehingga mampu berprestasi hingga tingkat provinsi, kata Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Blitar Toto Robandyo di ruang Unit IV Kantor Bupati Buleleng, Singaraja, Selasa.
       
Ia mengatakan, pihaknya secara spesifik berkunjung ke kabupaten ujung utara Pulau Dewata tersebut bertujuan juga untuk melakukan studi banding terkait metode perekrutan paskibraka dari jenjang SMA/SMK.
      
Menurut dia, kunjungan tersebut diharapkan dapat memberikan wawasan baru dalam pembinaan Paskibraka di Kota Blitar. 
 
"Kami berharap bisa belajar dari keberhasilan Buleleng dalam membina generasi muda melalui program Paskibraka, dan menerapkannya di Blitar," ungkapnya.
      
Toto juga menambahkan pemilihan Kabupaten Buleleng sebagai tujuan studi banding tidak hanya didasarkan pada prestasi, tetapi juga karena hubungan historis antara kedua daerah. 
      
“Kabupaten Buleleng memiliki hubungan sejarah yang sangat dekat dengan Blitar, mengingat ibu dari Presiden pertama Indonesia, Bung Karno, berasal dari sini,” tambahnya.
      
Sementara itu, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Buleleng Komang Kappa Tri Aryandono menjelaskan bahwa pencapaian Buleleng dalam bidang Paskibraka tahun ini menjadi salah satu alasan diadakannya kunjungan tersebut. 
      
"Tahun ini, Buleleng berhasil mengirimkan sembilan anggota Paskibraka ke tingkat provinsi dan satu orang ke tingkat nasional, capaian ini menjadi alasan penting bagi Pemkot Blitar untuk mengadakan studi banding ke Buleleng," ujar Kappa.
      
Kappa juga menjelaskan keberhasilan Buleleng adalah prestasi banyak pihak dimana semua berkolaborasi untuk menyukseskan paskibraka sehingga mampu berprestasi hingga tingkat nasional. 
 
"Jadi, ini kerja banyak pihak. Bukan hanya Kesbangpol Buleleng," kata dia.
     
 Kunjungan ini diakhiri dengan penyerahan plakat dan sesi foto bersama anggota Paskibraka Kota Blitar dan Kabupaten Buleleng sebagai simbol penghormatan dan kerja sama antara kedua daerah.

Pewarta: IMBA Purnomo/Rolandus Nampu

Editor : Widodo Suyamto Jusuf


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2024