Pesawat Kepresidenan RI berjenis Boeing 737-800 BBJ yang mengangkut Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Iriana Joko Widodo mendarat untuk kali pertama di Bandara Nusantara, Ibu Kota Nusantara (IKN), Provinsi Kalimantan Timur, Jumat.

Kabar itu disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Wakil Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Raja Juli Antoni melalui akun Instagram @rajaantoni yang dilansir di Jakarta.

"Alhamdulillah, Pesawat Kepresidenan Boeing 737 sudah mendarat pertama kalinya di Bandara Nusantara dengan lancar," katanya.

Raja Juli mengatakan seluruh fasilitas pelengkap bandara tersebut terus dipenuhi oleh otoritas terkait untuk mendukung pengembangan infrastruktur bagi kebutuhan pesawat-pesawat komersil.

"Semoga berikutnya semua fasilitas pelengkap akan membuat pesawat-pesawat komersil nanti akan bisa mendarat di bandara ini," katanya.

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Joko Widodo beserta rombongan tiba di Bandara Nusantara sekitar pukul 10.00 WITA.

Tampak menyambut kedatangan Presiden dan Ibu Iriana adalah Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, serta Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Turut menyambut Plt Wakil Kepala OIKN Raja Juli Antoni, Pj Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Akmal Malik, Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo, Kapolda Kaltim Irjen Pol. Nanang Avianto, dan Danlanud Dhomber Kolonel Pnb David Ali Hamzah.

Di IKN, Presiden Jokowi meresmikan operasional RS Hermina Nusantara sekaligus melakukan peninjauan fasilitas kesehatan pertama di kawasan IKN tersebut.

"Presiden Jokowi juga diagendakan untuk menghadiri Kompas 100 CEO Forum Tahun 2024,yang digelar pertama kali di Istana Garuda, Kawasan IKN. Presiden Jokowi juga direncanakan untuk meresmikan Istana Negara dan Mayapada Hospital Nusantara," ujar Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana dalam keterangan tertulisnya.



Baca juga: Menhub: Bandara IKN akan uji coba pendaratan pesawat besar

Baca juga: Tiga pesawat TNI AU uji coba landasan pacu Bandara Nusantara di Kalimantan Timur

Baca juga: Kemenhub: Pembangunan Bandara VVIP IKN capai 50 persen

Baca juga: Presiden Joko Widodo targetkan Bandara IKN Nusantara beroperasi penuh pada Desember 2024

Baca juga: Presiden Jokowi teken Perpres untuk percepat pembangunan Bandara VVIP di IKN

Pewarta: Andi Firdaus

Editor : Widodo Suyamto Jusuf


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2024