Bupati Badung, Bali I Nyoman Giri Prasta melantik Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Ida Bagus Surya Suamba menjadi Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Badung.
 
Surya Suamba mengisi kekosongan jabatan Sekda Badung setelah mundurnya sekda sebelumnya yaitu I Wayan Adi Arnawa sebagai aparatur sipil negara karena maju sebagai Calon Bupati Badung pada Pilkada 2024.
 
“Kami berterima kasih kepada Bapak I Wayan Adi Arnawa yang selama ini telah mengemban tugas sebagai Sekda Badung dengan penuh dedikasi, integritas dan tanggung jawab. Atas nama pribadi dan Pemkab Badung saya memberikan penghargaan setinggi-tingginya,” ujar Bupati Badung Giri Prasta dalam keterangannya di Mangupura, Rabu.
 
Ia mengatakan Adi Arnawa telah memutuskan mengundurkan diri sebagai ASN per tanggal 22 Agustus 2024 untuk mencalonkan diri sebagai Calon Bupati Badung. Menurut dia, keputusan itu harus dihormati dengan penuh kebijaksanaan.
 
“Saya melihat beliau sejak tahun 2004 lalu, beliau memiliki komitmen, konsistensi dan loyal kepada pemerintahan dan masyarakat Badung. Kontribusi Beliau dalam pembangunan di Badung tidak dapat kita pungkiri dan kita semua merasakan hasil dari kerja kerasnya selama menjabat,” kata dia.
 
Bupati Giri Prasta menjelaskan dengan adanya kekosongan jabatan sekda itu, guna memastikan roda pemerintahan berjalan lancar, maka berdasarkan Peraturan Presiden RI No. 3 tahun 2018 tentang Penjabat Sekretaris Daerah, pihaknya melakukan pelantikan Penjabat Sekda Badung. 
 
Menurut dia, Surya Suamba dinilai adalah sosok yang tepat menjadi Pj. Sekda Badung dengan pengalaman dan kompetensinya dalam pemerintahan selama ini yang diharapkan dapat menjaga keberlanjutan program yang telah berjalan dan memastikan stabilitas dan kelancaran pelaksanaan tugas pemerintahan Badung.
 
“Saya meminta seluruh jajaran Perangkat Daerah dan ASN Badung memberikan dukungan penuh kepada Pj Sekda Badung yang baru dilantik. Kerja sama yang solid, koordinasi yang baik serta semangat gotong-royong adalah kunci keberhasilan kita bersama dalam menghadapi berbagai tantangan ke depan," kata dia.
 
Untuk itu, ia juga telah meminta Surya Suamba agar dapat segera melakukan koordinasi dengan kepala organisasi perangkat daerah guna menyamakan pola pikir, dalam menjalankan program-program pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan.
 
“Dengan begitu sehingga kedepannya dapat mewujudkan masyarakat Badung yang bahagia dan sejahtera,” pungkas Bupati Giri Prasta.

Pewarta: Fikri Yusuf/Rolandus Nampu

Editor : Widodo Suyamto Jusuf


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2024