Badan Pendapatan Daerah bersama BPD Bali akan membuka loket pelayanan pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan Perkotaan (PBB P2) di arena Car Free Day (CFD) di Lapangan Niti Mandala Renon untuk memeriahkan HUT ke-79 Kemerdekaan RI.

"Dengan adanya pelayanan di arena Car Free Day dalam rangkaian HUT ke-79 Kemerdekaan RI ini, diharapkan dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat yang tidak sempat melaksanakan pembayaran saat hari kerja," kata Kepala Bapenda Kota Denpasar I Gusti Ngurah Eddy Mulya di Denpasar, Jumat.

Layanan pembayaran PBB P2 di arena CFD, tepatnya di depan Kantor BPBD Kota Denpasar itu akan dilaksanakan pada Minggu (18/8). Masyarakat atau wajib pajak cukup membawa SPPT PBB P2 atau Nomor Objek Pajak PBB P2 saat hendak melaksanakan pembayaran.

Eddy Mulya mengatakan Bapenda Kota Denpasar terus berkomitmen dalam memberikan pelayanan terbaik kepada wajib pajak. Terlebih menjelang jatuh tempo pembayaran PBB P2 pada 31 Agustus mendatang, sehingga perluasan pelayanan terus dilaksanakan.

"Pada intinya bahwa pelayanan di arena Car Free Day ini dilaksanakan guna memberikan kemudahan bagi masyarakat atau wajib pajak untuk membayar pajak PBB P2 sebelum jatuh tempo," ujarnya didampingi Sekretaris Bapenda Denpasar Dewa Gede Rai.

Baca juga: Bapenda Bali akan tambah lokasi samsat drive thru malam hari

Selain memberikan pelayanan di arena CFD, untuk meningkatkan pelayanan perpajakan, Eddy Mulya mengatakan Bapenda juga menambah loket layanan di lobi Kantor Bapenda.

Selain itu Pemkot Denpasar juga memberikan insentif fiskal dengan menerbitkan Perwali No 14 Tahun 2024 tentang Pemberian Pengurangan Pokok Pajak dan Pembebasan Sanksi Denda Administrasi Pajak Daerah.

Kebijakan ini berlaku sampai dengan 30 November 2024 mendatang untuk piutang pajak sampai tahun 2023 ke bawah. Bahkan, pemberian insentif fiskal atau keringanan pajak ini tidak hanya untuk PBB P2 tetapi juga untuk Pajak Barang dan Jasa Tertentu (PBJT)

"Tak hanya itu, Pemkot Denpasar juga memberikan hadiah berupa sepeda motor listrik sebanyak delapan unit kepada wajib pajak khusus PBB P2 yang melakukan pembayaran pajak melalui kanal digital," ucapnya.


Baca juga: Bapenda Bali akui realisasi pendapatan membaik berkat pungutan wisman

Pewarta: Ni Luh Rhismawati

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2024