Sebanyak 45 anggota DPRD Kabupaten Gianyar periode 2024-2029 secara resmi dilantik dan diambil sumpah/janjinya pada Rapat Paripurna DPRD setempat dengan agenda Pengucapan sumpah/janji anggota DPRD masa bakti tahun 2024-2029 di Gedung DPRD, Provinsi Bali, Senin.

"Pada kesempatan yang baik ini, saya juga menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya ke KPU dan Bawaslu selaku penyelenggara Pemilu, unsur keamanan dari TNI/Polri, serta semua pihak sehingga pesta demokrasi berjalan lancar, penuh dialektika, mengedepankan etika, dan taat hukum,” kata Bupati Gianyar I Dewa Tagel Wirasa.

Rapat Paripurna dibuka Ketua DPRD Gianyar, I Wayan Tagel Winarta, lalu pembacaan Surat Keputusan (SK) Pj. Gubernur Bali tentang Peresmian Pengangkatan Anggota DPRD Kabupaten Gianyar Masa Jabatan 2024-2029 oleh Sekretaris DPRD, Drs. Wayan Kujus Pawitra.
 
Puncak acara dilakukan pengucapan sumpah/janji anggota DPRD Gianyar periode 2024-2029 yang dipandu oleh Ketua Pengadilan Negeri Gianyar dan penandatanganan berita acara sumpah/janji serta penyerahan Surat Keputusan Gubernur Bali.

Pada akhir rapat paripurna juga ditetapkan Ketua dan Wakil Ketua Sementara DPRD Kabupaten Gianyar. Ketua Sementara dijabat I Ketut Sudarsana sedangkan Wakil Ketua Sementara dijabat I Gusti Ngurah Anom Masta sekaligus penyerahan palu pimpinan.

PJ Bupati Gianyar yang membacakan sambutan Pj. Gubernur Bali, mengapresiasi proses pelaksanaan Pemilu Legislatif tahun 2024 khususnya di Kabupaten Gianyar telah berlangsung dengan aman, lancar, damai, dan demokratis.

Hal ini tidak terlepas dari partisipasi aktif seluruh komponen masyarakat Gianyar, baik secara langsung maupun tidak langsung dalam setiap tahapan pesta demokrasi.

Kehidupan politik yang kondusif dengan demokrasi yang bermartabat telah diperlihatkan oleh masyarakat Gianyar dalam Pemilu DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota tahun ini.

“Ini menjadi modal yang kuat untuk menyukseskan program pembangunan Daerah Gianyar khususnya, serta pembangunan Daerah Bali pada umumnya,” ucapnya.

Perolehan kursi Pileg Gianyar dibagi ke dalam enam partai politik, untuk PDI Perjuangan, merebut 31 kursi, Partai Golkar merebut 5 kursi, Partai Gerindra yang merebut 4 kursi. Kemudian ada Partai Demokrat yang meraih 3 kursi, Partai Nasdem yang meraih 1 kursi, dan Partai Perindo yang meraih 1 kursi.

Acara pelantikan dihadiri pula forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda), Sekda beserta pejabat di lingkungan Pemkab Gianyar, KPU, Bawaslu, Ketua Organisasi Kewanitaan, Pimpinan Partai Politik, Perbekel/Lurah, Ketua BPD dan LPM se-Gianyar.

Pewarta: Adi Lazuardi

Editor : Widodo Suyamto Jusuf


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2024