Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) Wilayah Bali, Nusa Tenggara, dan Papua (Banuspa) mengapresiasi peran pemerintah daerah di wilayah itu yang telah mendukung pelaksanaan program jaminan sosial ketenagakerjaan (jamsostek).

"Pelaksanaan jaminan sosial ketenagakerjaan penting untuk dilaksanakan oleh seluruh lapisan masyarakat, karena merupakan mandat konstitusi dan UU yang menjadi program strategis negara untuk mendukung ketahanan nasional," kata Kepala Wilayah BPJAMSOSTEK Banuspa Kuncoro Budi Winarno di Denpasar, Selasa.

Sebelumnya dalam kegiatan penganugerahan Paritrana Award, untuk kategori pemerintah daerah di Provinsi Papua Barat Daya juara 1 diraih oleh Kabupaten Raja Ampat. Sedangkan Paritrana Award di Provinsi Papua Barat, juara 1 kategori pemerintah daerah diraih Kabupaten Manokwari.

Kuncoro mengatakan Paritrana Award merupakan ajang penghargaan kepada seluruh pelaku usaha dan pemerintah daerah yang memberikan dukungan terbaik bagi pelaksanaan program BPJAMSOSTEK atau BPJS Ketenagakerjaan.

Ia menambahkan, Presiden telah mengeluarkan Inpres Nomor 2 Tahun 2021 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan dan Inpres Nomor 5 Tahun 2022 tentang Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem.

"Dalam Inpres ini, jaminan sosial ketenagakerjaan berfungsi untuk peningkatan kesejahteraan, mengurangi dan mencegah kemiskinan baru dan menjamin keberlangsungan pendidikan bagi generasi penerus bangsa karena ada manfaat beasiswa yang diberikan kepada anak ahli waris," ujar Kuncoro.

Kuncoro menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Pemerintah Provinsi Papua Barat dan Papua Barat Daya karena telah memberikan dukungan yang sangat luar biasa bagi pelaksanaan jaminan sosial ketenagakerjaan dengan menerbitkan regulasi.

Sebelumnya dalam acara penyerahan penghargaan Paritrana Award juga dilakukan penyerahan santunan kepada sejumlah ahli waris, penandatangan kerja sama Pemprov Papua Barat dan Pemprov Papua Barat Daya dengan BPJS Ketenagakerjaan.

Pewarta: Ni Luh Rhismawati

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2024