Denpasar (Antara Bali) - Gubernur Made Mangku Pastika mendorong Kanwil Direktorat Jenderal Pajak Bali untuk melakukan diversifikasi program sehingga dapat mendukung peningkatan penerimaan pajak.

"Kami sangat mendukung diversifikasi program, tetapi tetap harus mempertimbangkan kondisi, potensi masyarakat dan daerah Bali," katanya pada acara pekan panutan penyampaian surat pemberitahuan (SPT) tahunan pajak penghasilan di Denpasar, Selasa.

Pemprov Bali, kata dia, berkomitmen mendukung upaya-upaya dalam rangka pencapaian target penerimaan pajak dan hal itu tahun ini dilakukan melalui sosialisasi kepada seluruh PNS.

"Para PNS agar dapat menjadi contoh bagi masyarakat di sekitarnya sehingga terbangun kesadaran bersama dalam memenuhi kewajiban membayar pajak. Itu semua demi turut menyukseskan pelaksanaan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

Pastika menambahkan bahwa pajak memiliki peranan yang sangat penting. Dalam APBD Bali, pendapatan ditopang dari PAD yang bersumber dari pajak daerah. Demikian pula dalam APBD terdapat pos pendapatan dari dana perimbangan dan bagi hasil pemerintah pusat yang sumber utamanya juga dari pajak.

Pihaknya memberikan apresiasi kepada jajaran Kanwil DJP Bali yang pada tahun 2012 berhasil melampaui target perolehan pajak yang ditetapkan pemerintah yakni 103 persen atau sebesar Rp5,054 triliun.

"Program-program seperti sensus pajak nasional, perbaikan basis data wajib pajak, dan perbaikan pelayanan kepada masyarakat serta kegiatan lainnya harus terus dioptimalkan," katanya. (LHS/T007)

Pewarta:

Editor : Masuki


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013