Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja, Bali berkolaborasi bersama Universitas Negeri Semarang (Unnes) dalam rangka mengoptimalkan pelaksanaan program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) Mandiri.

Undiksha secara konsisten telah memulai pelaksanaan MBKM Mandiri sejak 2019 lalu dan terus dimantapkan hingga kini," kata Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kerja Sama Undiksha, Prof. Dr. Gede Rasben Dantes, S.T.,M.T.I melalui siaran pers, Sabtu.

Menurut dia, MBKM pada perguruan tinggi pendidikan tenaga kependidikan terbesar di Pulau Dewata tersebut terus dimantapkan seiring dengan adanya kebijakan MBKM dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek).

Adapun kolaborasi pelaksanaan kegiatan ini juga terus diperkuat dan diperluas dalam rangka memperkaya pengalaman dan wawasan akademik mahasiswa pada hal akademik dan praktis di dunia kerja.

“Kami berharap kolaborasi MBKM mandiri ini dapat terbangun dengan Unnes sehingga semakin kuat dalam upaya menyukseskan program MBKM di ,” ungkapnya.

Baca juga: Undiksha raih penghargaan atas kinerja anggaran dari Kemendikbudristek

Hal senada juga disampaikan oleh Wakil Rektor Unnes, Prof. Zaenuri yang menyatakan memiliki komitmen yang sama dengan Undiksha untuk melaksanakan program MBKM semakin baik.

Salah satu program MBKM yang dapat dikolaborasikan adalah pertukaran mahasiswa merdeka (PMM) yang juga telah terlaksana pada kedua kampus pendidikan tersebut.

Pihaknya juga sangat terbuka untuk berkolaborasi dalam program lain, seperti pertukaran dosen maupun program Tri Dharma Perguruan Tinggi lainnya.

Pada pertemuan ini, pembahasan program MBKM lebih fokus pada bidang Ilmu Pendidikan dan bidang olahraga.

Selain itu juga diisi dengan pencermatan kurikulum masing-masing fakultas dan mekanisme pengelolaan program MBKM mandiri pada masing-masing universitas.

Adapun MBKM mandiri menekankan kemandirian, di mana program yang dijalankan oleh Perguruan Tinggi tidak disubsidi dan dikelola oleh Kemendikbudristek. Sehingga, Perguruan Tinggi dapat melaksanakan program yang diinginkan dengan ketentuan regulasi, pendanaan, linimasa, dan kebutuhan dokumentasi yang ditentukan oleh perguruan tinggi.

Baca juga: Undiksha Singaraja wisuda 775 lulusan

Pewarta: IMBA Purnomo/Rolandus Nampu

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2024