Wakil Bupati Badung Bali I Ketut Suiasa mengatakan Hari Raya Idul Adha dapat menjadi momentum untuk menumbuhkembangkan rasa kepedulian sosial yang berkesinambungan khususnya kepada fakir miskin, keluarga kurang mampu dan masyarakat luas lainnya.
 
“Hari Raya Idul Adha ini hak murni seribu persen milik saudara umat Muslim, tetapi nilai dari makna Idul Adha itu sendiri milik semua orang secara universal dengan manfaat dari makna mengingatkan kesadaran kolektif untuk mewujudkan kepedulian sosial,” ujar Wabup Ketut Suiasa saat bersilaturahim dengan umat Muslim di Gedung Serba Guna Al Hikmah, Kuta Utara, Badung, Bali, Senin.
 
Ia mengatakan, Hari Raya Idul Adha juga memiliki hikmah untuk menjalin dan menjaga silaturahim antarumat beragama baik secara vertikal maupun horizontal. Artinya secara vertikal peduli kepada sang pencipta dan secara horizontal peduli terhadap sesama.
 
Menurut dia, Idul Adha juga mengingatkan, mendekatkan dan menyadarkan manusia untuk selalu ingat dan meningkatkan pendekatan diri kepada Tuhan dan sesama di lingkungan bermasyarakat.
 
"Hari ini kami dapat bersilaturahim bersama karena itu juga salah satu hikmah manfaat dari pelaksanaan Idul Adha. Hari Raya Idul Adha ini kami pergunakan momentum untuk memperkuat silaturahim kita," kata dia.
 
Ia menambahkan Idul Adha juga memiliki nilai yang universal yang semestinya diterapkan oleh seluruh umat beragama.
 
Nilai tersebut di antaranya berani untuk berkorban dan keikhlasan, ketakwaan terhadap Tuhan dengan menjauhi larangannya dan menjalankan perintah Tuhan, memperkuat silaturahim antarsesama manusia, dan memperkuat nilai kepedulian sosial dengan saling berbagi antarsesama manusia.
 
“Semoga kami semua selalu dirahmati dan semoga semua jalan hidup kami diridhai oleh Tuhan supaya kami bisa meningkatkan nilai spiritual, moralitas, dan nilai sosial,” kata dia.
 
Pemerintah Kabupaten Badung juga memfasilitasi umat Muslim untuk melakukan ibadah shalat Idul Adha di Lapangan Puspem Badung yang telah berlangsung setiap tahunnya.
 
Menurut Wabup Ketut Suiasa, hal tersebut menjadi bukti kebersamaan antara pemerintah dengan masyarakat di wilayah Kabupaten Badung.
 
“Jadi dengan semangat Idul Adha ini mari kita semuanya memperkuat jalinan silaturahmi dan perkuat jalinan kebersamaan karena dengan bersama kita akan kuat,” katanya.

Pewarta: Fikri Yusuf/Rolandus Nampu

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2024