PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Bali melaksanakan pemeliharaan Jaringan Tegangan Menengah (JTM) dalam keadaan bertegangan guna memastikan kesiapan listrik menjelang Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah.
 
Pelaksana Harian (Plh.) General Manager PT. PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Bali Edyansyah di Denpasar, Kamis menyampaikan persiapan PLN dalam mendukung perayaan hari besar keagamaan Idul Adha yang akan berlangsung pada 17 Juni 2024 salah satunya dengan memastikan jaringan-jaringan penyalur tenaga listrik dapat terus berfungsi secara optimal.
 
Pemeliharaan tanpa padam dilakukan oleh pasukan elit milik PLN yakni tim Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB).
 
Pemeliharaan rutin tanpa padam ini dilakukan sebagai langkah pencegahan agar kualitas layanan kelistrikan semakin andal dengan tetap mempertahankan kenyamanan masyarakat dalam beraktivitas harian.
 
“Tim PDKB bekerja sama dengan mitra kerja kami menyelesaikan berbagai pekerjaan pemeliharaan yang ada di beberapa titik tak hanya di Denpasar, namun juga di kota-kota lain, dengan melihat kebutuhan dan tingkat risiko yang mengacu pada standar Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3),” katanya.
 
Dia menjelaskan PLN UID Bali memiliki 10 Tim PDKB tersebar di seluruh Bali yang terdiri dari petugas-petugas pilihan berketerampilan khusus yang mampu melakukan pekerjaan pemeliharaan, perbaikan, penggantian komponen pada jaringan listrik tanpa harus memadamkan aliran listrik.
 
Berkat merekalah, masyarakat dapat tetap menikmati kenyamanan beraktivitas menggunakan listrik meski sedang dilaksanakan pekerjaan pemeliharaan jaringan.
 
Edyansyah mengatakan jelang perayaan Idul Adha, kenyamanan beribadah masyarakat pada hari besar keagamaan turut menjadi perhatian PLN. Untuk itu, peran Tim PDKB sangat penting dalam memastikan keandalan pasokan listrik sehingga kegiatan pemeliharaan jaringan listrik hanya akan dilakukan hingga tanggal 15 Juni 2024.
 
“Kami terus berupaya memastikan jelang perayaan Idul Adha agar nanti masyarakat dapat melaksanakan ibadah dengan lancar yakni dengan menghadirkan listrik yang andal yang telah dipersiapkan jauh hari melalui pemeliharaan jaringan listrik secara terjadwal, sehingga pada masa siaga 16-18 Juni 2024 nanti tidak ada kegiatan pemeliharaan jaringan,” katanya.
 
Walau demikian, dirinya juga menekankan agar pelaksanaan pekerjaan ini tetap mengedepankan konsep zero accident atau nihil kecelakaan dengan patuh terhadap SOP, mengutamakan kepentingan kerja seluruh tim, dan berpegang teguh pada profesionalisme kerja.
 
“Semoga dengan pelaksanaan pekerjaan pemeliharaan tanpa padam ini, pasokan listrik makin andal, aktivitas masyarakat saat Hari Raya Idul Adha nanti akan berjalan dengan aman,” kata dia.
 
Dirinya mengimbau kepada masyarakat apabila menemukan potensi yang dapat mengganggu jaringan listrik, untuk segera melaporkan melalui aplikasi PLN Mobile.
 
“Apresiasi yang sebesar-besarnya kepada seluruh komponen masyarakat yang ikut andil mendukung PLN selama ini sehingga berbagai pelaksanaan pekerjaan di lapangan dapat diselesaikan dengan lancar. Dan kami mengimbau untuk segera menghubungi kami melalui PLN Mobile apabila membutuhkan layanan PLN,” kata Edyansyah.


Baca juga: PLN bersama ratusan pelajar bersihkan pantai peringati hari lingkungan

Baca juga: PLN: Pengguna REC di Bali capai 11.980 MWh

Pewarta: Rolandus Nampu

Editor : Widodo Suyamto Jusuf


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2024