Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, meraih opini Wajar Tanpa Lengecualian (WTP) 10 kali berturut-turut dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia.
 
“Pemerintah Kabupaten Badung berhasil kembali mempertahankan opini WTP sesuai Laporan Hasil Pemeriksaan BPK untuk Laporan Keuangan Tahun 2023,” ujar Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta dalam keterangannya di Mangupura, Kamis.
 
Ia mengatakan opini WTP yang diberikan oleh BPK RI itu merupakan wujud komitmen seluruh jajarannya di Badung untuk selalu taat asas, berpedoman pada regulasi dan tepat waktu.
 
Opini WTP 10 kali berturut-turut ini juga merupakan kerja keras seluruh pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Badung serta dukungan dari DPRD Kabupaten Badung dalam pelaksanaan fungsi pengawasannya, kata Giri Prasta.
 
Bupati Badung juga telah menerima Ikhtisar Hasil Pemeriksaan Daerah tahun 2023 yang diberikan langsung oleh Kepala Perwakilan Badan Pemeriksa Keuangan Provinsi Bali I Gusti Ngurah Satria Perwira.

Baca juga: Pemkab Badung resmikan Pasar Canggu guna tingkatkan ekonomi
 
Dalam kesempatan tersebut juga dilaksanakan penyerahan LHP atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) untuk Pemerintah Kabupaten/Kota se-Bali yang diserahkan oleh I Gusti Ngurah Satria Perwira kepada bupati/wali kota se-Bali.
 
I Gusti Ngurah Satria Perwira menjelaskan pemerintah kabupaten/kota se-Bali sukses mempertahankan pencapaian opini wajar tanpa pengecualian.
 
“Capaian ini tentu tidak lepas dari sinergi yang efektif terhadap seluruh pemangku kepentingan serta dukungan dari DPRD kabupaten/kota dalam pelaksanaan fungsi pengawasannya,” kata dia.
 
Ia menambahkan, BPK juga telah memeriksa LKPD kabupaten/kota tahun anggaran 2023 dan berdasarkan pemeriksaan tersebut dapat disimpulkan bahwa penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota se-Bali Tahun Anggaran 2023 telah sesuai dengan standard akuntansi pemerintahan, kepatuhan terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan serta efektivitas sistem pengendalian intern.

Baca juga: Indonesia luncurkan pusat penelitian rumput laut internasional di Badung
 
“Untuk itu, berdasarkan hasil pemeriksaan, kami BPK RI memberikan opini WTP atas Laporan Keuangan pemerintah kabupaten/kota se-Bali,” kata Gusti Ngurah Satria Perwira.

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf/Rolandus Nampu

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2024