Pemerintah Kabupaten Badung, Bali menyediakan program bus gratis untuk masyarakat yang beragama Hindu yang akan melakukan kegiatan Tirta Yatra atau perjalanan suci ke pura atau tempat suci di wilayah Provinsi Bali.
 
“Kami Pemkab Badung melalui kebijakan Bupati I Nyoman Giri Prasta memfasilitasi bus gratis bagi masyarakat Badung yang ingin melakukan kegiatan Tirta Yatra di wilayah Provinsi Bali,” ujar Sekretaris Daerah Badung I Wayan Adi Arnawa saat memimpin rombongan ritual Bhakti Penganyaran Pemkab Badung di Pura Agung Besakih, Kabupaten Karangasem, Bali, Selasa.
 
Ia mengatakan masyarakat yang akan memanfaatkan program bus gratis tersebut bisa berkoordinasi langsung dengan empat perangkat daerah di lingkungan Pemkab Badung yaitu Dinas Kebudayaan, Kesbangpol, Dinas Sosial dan Disdikpora sesuai dengan tupoksinya masing-masing.
 
“Bagi kelompok pemuda atau Sekaa Teruna/Yowana, Desa Adat, Subak dan kelompok kesenian bisa mengajukan permohonan ke Dinas Kebudayaan. Untuk organisasi masyarakat bisa mengajukan permohonan ke Kesbangpol,” kata dia.
 
Sekda Adi Arnawa menjelaskan, untuk masyarakat Badung yang tergabung dalam kelompok lansia dan organisasi Pertuni bisa mengajukan permohonan bus gratis ke Dinas Sosial begitu pula dengan Disdikpora.

Baca juga: ISKCON Gelar Jagannath Boat Tirta Yatra
 
“Misalkan untuk upacara Ngusaba Kedasa di Pura Batur dan Upacara Ida Betara Turun Kabeh di Pura Agung Besakih, kelompok atau organisasi masyarakat di Badung yang sudah memiliki Surat Keterangan Terdaftar bisa mengajukan surat permohonan bus gratis yang ditujukan kepada bupati melalui perangkat daerah terkait sesuai dengan tupoksinya masing-masing,” kata dia.
 
Menurut dia, program tersebut dilakukan Pemkab Badung sebagai upaya untuk membantu masyarakatnya dalam penyiapan sarana transportasi yang digunakan untuk melakukan kegiatan peribadatan agama Hindu di wilayah Provinsi Bali.
 
“Kami membuka ruang seluas-luasnya bagi masyarakat Badung untuk memohon sarana transportasi bus gratis ini,” pungkas Sekda AFI Arnawa.
 
Pada kegiatan upacara Bhakti Penganyaran di Pura Agung Besakih, Karangasem tersebut, rombongan Pemkab Badung juga menghaturkan dana punia sebesar Rp100 juta.

Baca juga: Karyawan PT Karya Pak Oles Grup tutup akhir tahun dengan tirta yatra

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf/Rolandus Nampu

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2024