Wali Kota Denpasar, Bali, I Gusti Ngurah Jaya Negara berharap ritual Pujawali di Pura Dalem Sakenan dapat berlangsung lancar dan penuh keberkahan, sekaligus warga di kota setempat dapat menjaga pelaksanaan Nyepi agar damai.

"Kami mengimbau masyarakat dapat melaksanakan Catur Bratha Penyepian dengan khusyuk, dan Kota Denpasar tetap aman dan damai," kata Jaya Negara saat melakukan persembahyangan di Pura Dalem Sakenan, Denpasar, Sabtu.

Pelaksanaan Pujawali di Pura Sakenan pada Hari Suci Kuningan kali ini juga bertepatan dengan rangkaian Hari Suci Nyepi. Nyepi Tahun Saka 1946 akan dirayakan umat Hindu pada 11 Maret 2024.

Jaya Negara didampingi Wakil Wali Kota Denpasar I Kadek Agus Arya Wibawa menambahkan, Pujawali ini dilaksanakan sebagai wujud bakti umat kepada Ida Sang Hyang Widi Wasa (Tuhan) untuk memohon keselamatan.

Sementara itu, Ida Bagus Gede Pidada, tokoh agama dan sekaligus pembawa acara di Pura Dalem Sakenan menyampaikan pelaksanaan Pujawali berlangsung seperti biasa yang tetap memegang pada tatwa (filsafat).

Namun pada Pujawali kali ini hanya berlangsung satu hari saja karena berkaitan dengan rangkaian pelaksanaan Tawur Kasanga, Hari suci Nyepi Saka 1946.

Baca juga: PLN UID Bali lakukan pemadaman listrik di Nusa Penida saat Hari Suci Nyepi

Sedangkan pada Minggu (10/3) bertepatan dengan Tilem Kasanga, pelaksanaan Tawur Kasanga pada pagi harinya Ida Bhatara Pura Dalem Sakenan telah melaksanakan upacara Malukar.

"Masyarakat telah hadir melakukan persembahyangan pada Hari Suci Kuningan, seperti yang kita lihat kali ini umat telah hadir melaksanakan persembahyangan," ujarnya.

Usai melaksanakan persembahyangan di Pura Dalem Sakenan, Jaya Negara juga melaksanakan persembahyangan di Pura Dalem Susunan Wadon yang berlokasi di kawasan Desa Adat Serangan.

Dalam kesempatan itu juga hadir Sekda Kota Denpasar Ida Bagus Alit Wiradana, Panglingsir (tokoh) Puri Kesiman Anak Agung Ngurah Gede Kusuma Wardana, Ketua GOW Kota Denpasar Ayu Kristi Arya Wibawa bersama pimpinan organisasi perangkat daerah di Pemkot Denpasar.

Baca juga: BBMKG Bali keluarkan peringatan dini hujan lebat - petir saat Nyepi

Pewarta: Ni Luh Rhismawati

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2024